PERENCANAAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA PEKERJAAN KONSTRUKSI REHABILITASI WADUK BOTOK KABUPATEN SRAGEN

  • DIAN ARUMNINGSIH DP

Abstract

Pekerjaan bidang konstruksi adalah merupakan hal yang kompleksitas dan begitu banyak melibatkan unsur ataupun pihak lain, terutama tenaga kerja, alat dan bahan material dengan kapsitas besar atau dalam jumlah yang besar baik secara pribadi ataupun secara kolektif bersama-sama dapat menjadi sumber terjadinya kecelakaan. Kurangnya terampilnya tenaga kerja akan memepengaruhi kelancaran pekerjaan dan sangat merugikan semua pihak seperti misalnya pemilik, kontraktor, konsultan maupun tenaga kerja beserta keluarganya. Pengamatan ini bertujuan untuk mengetahui usaha-usaha kontraktor dalam menerapkan Perencanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan untuk mengetahui pendapat Kontaktor/Penyedia jasa mengenai pentingnya perencanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja sebelum pekerjaan lapangan dimulai, sehingga diharapkan dapat memberikan pertimbangan kepada kontraktor/penyedia jasa tentang pentingnya penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan bermanfaat bagi pekerja proyek untuk dapat berprestasi secara optimal. Pengamatan ini dilakukan dengan cara mengamati lokasi waduk Botok, Kabupaten Sragen. didapatkan data primer mengenai perencanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, kemudian data dianalisis berdasarkan gambar dan perencanaan rehabilitasi waduk Botok.

Hasil pengamatan menunjukkan bahwa berdasarkan uraian perencanaan bertujuan menciptakan pekerjaan yang aman dan menekankan zero accident (aman tidak ada kecelakaan) dalam pelaksanan proyek. Perencanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada tingkat kepentingan memenuhi Undang undang/Peraturan K3, seperti : UU No.1 Tahun 1970 dan Surat Keputusan Bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Menteri Tenaga Kerja No. kep.174 Men/1986/104/KPTS/1986 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada tempat dilakukan kegiatan konstruksi. Uraian dalam perencanaan adalah: jenis pekerjaan, jenis bahaya dan resiko kemudian diselesaikan dengan cara penyelesaiannya menurut K3. Rehabilitasi Waduk Botok, dengan nilai investasi sebesar ±Rp. 5,250,000,000.00 terbilang (Lima milyar dua ratus lima puluh juta Rupiah).

Author Biography

DIAN ARUMNINGSIH DP
FT UTP SKA
Published
2013-07-17
How to Cite
DP, D. A. (2013). PERENCANAAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA PEKERJAAN KONSTRUKSI REHABILITASI WADUK BOTOK KABUPATEN SRAGEN. Jurnal Teknik Sipil Dan Arsitektur, 13(17). Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JTSA/article/view/242