KOORDINASI PENGATURAN LAMPU LALU LINTAS (Studi kasus : Ruas Jalan Prof.Dr.Sorharso-Adi Sucipto-A.Yani-Adi Soemarmo)

  • Luki Primantari FA

Abstract

Di daerah perkotaan permasalahan transportasi semakin meningkat dan salah satu cara untuk mengurangi permasalahan tersebut adalah dengan mengkordinasikan lampu lalu lintas antar persimpangan.

Tujuan penelitian ini untuk mengkordinasikan lampu lalu lintas yaitu pada ruas jalan, dan ruas jalan Prof.Dr.Sorharso-Adi Sucipto-A.Yani-Adi soemarmo tersebut terdiri dari 5 simpang yang membentuk ruas arterial, dimana dari simpang 1 sampai simpang 2 arusnnya searah sedangkan simpang 3 arusnya dua  arah .Koordinasi lampu lalu lintas antar simpang, analisisnya digunakan program transit dan program optimasi offset. Kedua program tersebut memerlukan data input yang diperoleh dari survey di lapangan dan sebagian lagi data sekunder. Output dari kedua program tersebut tidak dapat dibandingkan satu sama lainnya, karena penggunaan arus pada input data berbeda.

Program TRANSYT memberikan output sebelum dan sesudah dikoordinasikan performance index (PI) mengalami perubahan pagi, siang, dan sore hari :-16,45%,-6496% dan -86,05%, tundaan : -16,73%,-65,53% dan -86,56%, number of stops : -13,70%,-14,49% dan -39,26% dan kecepatan rata-rata : 9,4%, 123,07%,dan 233,33%.

Output program Transyt dan program optimasi offset memberikan nilai offset sehingga simpang satu dengn yang lainnya bias dikoordinasikan. Selain itu kedua program tersebut memberikan perubahan waktu perjalanan sebelum dan setelah koordinasi masing-masing program TRANSYT perubahan yang terjadi pada pagi,siang dan sore hari sebesar -37,6%, -42,5%, dan -27,1% sedangkan pada program optimaso offset perubahan sebesar -29%, -27,1%, -27,1%.

Program TRANSYT apat dilakukan beberapa optimasi, diantarannya pengaturan kembaliwaktu siklus yang memberikan performance index minimum. Optimasi yang lain yaitu mencari panjang siklus optimum, pada studi ini panjang siklus yang optimum pada pagi, siang dan sore hari masing-masing 100, 120,dan  90 detik.

Author Biography

Luki Primantari FA
FT UTP SKA
Published
2012-06-05
How to Cite
FA, L. P. (2012). KOORDINASI PENGATURAN LAMPU LALU LINTAS (Studi kasus : Ruas Jalan Prof.Dr.Sorharso-Adi Sucipto-A.Yani-Adi Soemarmo). Jurnal Teknik Sipil Dan Arsitektur, 1(3). Retrieved from https://ejournal.utp.ac.id/index.php/JTSA/article/view/29