PERENCANAAN DAN PERANCANGAN SOLO EXHIBITION AND CONVENTION CENTER DI SURAKARTA (Berpendekatan High Technology Architecture)

  • Agus Bayu Purnomo Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Tunas Pembangunan
  • Indro Sulistyanto Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Tunas Pembangunan
  • Rully Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Tunas Pembangunan

Abstract

Kota Surakarta atau yang lebih di kenal dengan Kota Solo sering mengadakan event - event besar berskala nasional maupun Internasional seperti PON 1948, Asean Para Games 2011, Kongres Nasional PSSI 2011, World Toilet Summit. Selain itu Kota Solo banyak mengadakan event - event setiap tahun seperti Pameran Teknologi, Solo Culinary Festival, Job Fair, Festival Budaya, Pemilihan Putra Putri Solo dan pertunjukan lainya yang berskala internasional seperti Solo Internasional Performing Art. Tetapi kegiatan – kegiatan tersebut sering dilakukan terpisah karena kurangnya fasilitas untuk menampung kegiatan tersebut. Rata-rata bangunan Exhibition and Convention hanya ada di hotelhotel besar yang terpencar-pencar sehingga kurang memadai apabila diadakan sebuah acara Exhibition and Convention dalam skala besar atau internasional. Melihat potensi kota dan keterbatasan fasilitas Exhibition and Convention Center yang tersedia di Kota Solo, maka diperlukan suatu fasilitas yang mampu mewadahi berbagai kegiatan Exhibition and Convention Center dengan segala fasilitas pendukungnya yang berskala internasional. Selain berdasarkan potensi kota, dipilih juga sebuah pendekatan yang mampu mendukung bangunan yaitu High Technology Architecture.

Published
2019-07-01
How to Cite
Agus Bayu Purnomo, Indro Sulistyanto, & Rully. (2019). PERENCANAAN DAN PERANCANGAN SOLO EXHIBITION AND CONVENTION CENTER DI SURAKARTA (Berpendekatan High Technology Architecture) . Jurnal Teknik Sipil Dan Arsitektur, 24(2), 1-9. https://doi.org/10.36728/jtsa.v24i2.975

Most read articles by the same author(s)