Pengaruh Penerapan Sistem Pengendalian Internal Persediaan Pada Perumda Taman Satwa Taru Jurug Surakarta

  • Danvy Prifanda Mahasiswa
  • Trio Handoko Dosen
  • Muhammad Nurhadi Sulistiyono Dosen

Abstract

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) menetapkan salah satu upaya untuk menyelamatkan fauna dan satwa dari eksploitasi dan pemanfaatan yang tidak tepat diselenggarakan melalui pengelolaan kebun binatang. Kebun binatang memegang beberapa peranan dalam pelestarian satwa dan fauna, antara lain sebagai lembaga konservasi, pendidikan, riset, dan rekreasi. Untuk memenuhi standar dari beberapa peran yang harus dijalankan tersebut, tentu saja kebun binatang memerlukan pengelolaan yang tepat agar seluruh peran dapat terlaksana dengan baik. Menurut COSO terdapat 5 komponen pengendalian perusahaan yang harus dilaksanakan untuk menciptakan sistem kerja yang baik, diantaranya dala : lingkungan kerja, penilaian resiko, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi, serta pengawasan.

Dalam penelitian ini penulis mengambil objek di Perumda Taman Satwa Taru Jurug Surakarta dengan pembatasan masalah pada pengaruh pengendalian intern terhadap pengelolaan persediaan perusahaan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aspek apa saja yang memiliki pengaruh terhadap pengelolaan persediaan perusahaan. Penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Dengan pendekatan sampel menggunakan Monograf Harry King. Dalam tahap pengumpulan data penulis menggunakan kuesioner berskala likret dan observasi langsung. Selain itu dalam penelitian ini penulis menggunakan analisis regresi data panel dengan menggunakan data cross section dan time series. Untuk memudahkan dalam tahapan analisa penulis menggunakan program Eviews yang memang banyak digunakan untuk mengolah data panel. Dari data yang diambil penulis dapat menyimpulkan bahwa seluruh komponen pengendalian berpengaruh signifikan terhadap pengelolaan persediaan. Namun pada pelaksanaannya belum dapat dilaksanakan denganĀ  baik karena ketidakmaksimalan dalam beberapa hal, seperti fasilitas kerja dan kerancuan sistem.

Kata kunci: Lembaga Konservasi, Pengendalian Internal, Manajemen pengelolaaan Persediaan/ Gudang, Data Panel.

Published
2020-11-26
How to Cite
Prifanda, D., Handoko, T., & Sulistiyono, M. N. (2020). Pengaruh Penerapan Sistem Pengendalian Internal Persediaan Pada Perumda Taman Satwa Taru Jurug Surakarta. JURNAL WIDYA GANECWARA, 10(4). https://doi.org/10.36728/jwg.v10i4.1218