ANALISIS TINGKAT LITERASI KEUANGAN (PENGETAHUAN KEUANGAN, SIKAP KEUANGAN, DAN KESADARAN KEUANGAN) TERHADAP KINERJA USAHA KECIL (STUDI KASUS DI KALURAHAN SUMBEREJO KECAMATAN JATISRONO KABUPATEN WONOGIRI)

  • Jarot Mustika Adi Mahasiswa
  • Abdullah Zailani Dosen
  • Sri Wijiastuti Dosen

Abstract

Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis seberapa besar tingkat pengetahuan keuangan, tingkat sikap keuangan. dan  tingkat kesadaran keuangan berpengaruh secara parsial terhadap kinerja perusahaan usaha kecil di di Kalurahan Sumberejo, Kecamatan Jatisrono. (2) Untuk mengetahui faktor manakah yang paling dominan pengaruhnya terhadap kinerja usaha kecil di Kalurahan Sumberejo, Kecamatan Jatisrono. Penelitian ini dilakukan di Kalurahan Sumberejo, Kecamatan Jatisrono Kabupaten Wonogiri.  Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat pelaku usaha kecil di wilayah Kalurahan Sumberejo, Kecamatan Jatisrono sebanyak 52 pengusaha. Kemudian diambil semua sebagai sampel.

Hasil penelitian disimpulkan bahwa baik secara parsial maupun secara simultan terdapat pengaruh tingkat pengetahuan keuangan, tingkat sikap keuangan. dan  tingkat kesadaran keuangan terhadap kinerja perusahaan usaha kecil di Kalurahan Sumberejo. Peubah pengetahuan keuangan lebih dominan pengaruhnya terhadap kinerja usaha kecil di Kalurahan Sumberejo. Kemudian Kinerja usaha kecil di Kalurahan Sumberejo dapat dijelaskan oleh peubah pengetahuan keuangan, sikap keuangan, dan kesadaran keuangan sebesar 82,50%. Sedangkan sisanya 17,50% dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini.

Kata kunci: literasi keuangan, kinerja usaha kecil

Published
2021-02-25
How to Cite
Adi, J. M., Zailani, A., & Wijiastuti, S. (2021). ANALISIS TINGKAT LITERASI KEUANGAN (PENGETAHUAN KEUANGAN, SIKAP KEUANGAN, DAN KESADARAN KEUANGAN) TERHADAP KINERJA USAHA KECIL (STUDI KASUS DI KALURAHAN SUMBEREJO KECAMATAN JATISRONO KABUPATEN WONOGIRI) . JURNAL WIDYA GANECWARA, 11(1). https://doi.org/10.36728/jwg.v11i1.1405