Pemanfaatan E-Commerce Dikalangan Siswa MAN 1 Surakarta Untuk Kegiatan Wirausaha

  • Eko Setiyawan Universitas Kusuma Husada Surakarta

Abstract

Promosi merupakan suatu upaya dalam pemasaran yang digunakan untuk meningkatkan kesadaran publik, mempengaruhi orang untuk membeli dan meningkatkan penjualan. Promosi dapat dilakukan oleh seseorang dari berbagai macam latar belakang baik itu wiraswasta, karyawan, aktivis ataupun pegawai pemerintahan. Seiring dengan perkembangan jaman, saat ini terdapat banyak sekali platform yang dapat digunakan sebagai media pemasaran, salah satu diantaranya adalah e-commerce. Kegiatan promosi melalui platform e-commerce dapat dilakukan dengan mudah karena dilakukan secara online tanpa harus mengeluarkan usaha yang banyak. Promosi menggunakan e-commerce juga dapat menyasar ke segala lapisan masyarakat karena memiliki sifat mudah dijangkau ke seluruh penjuru negeri bahkan sampai dengan konsumen tingkat internasional. Kegiatan bisnis ini juga dapat menghasilkan keuntungan baik itu secara pribadi maupun kelompok. Dalam melakukan promosi menggunakan platform e-commerce terdapat beberapa hal yang harus dipelajari terkait dengan kaidah ataupun aturan yang diterapkan kepada seller atau penjual.

Dengan banyaknya jenis e-commerce yang ada di Indonesia penulis memberikan penyuluhan kepada para siswa tentang bagaimana memanfaatkan platform tersebut, serta bagaimana cara menggunakannya sehingga dapat dijadikan sebagai kegiatan wirausaha baik bersifat sampingan atau pekerjaan utama setelah siswa lulus dari sekolah.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berfokus pada penggunaan e-commerce untuk kegiatan pemasaran usaha di lingkungan remaja khususnya siswa MAN 1 Surakarta. Metode yang digunakan untuk melakukan pengabdian ini dengan cara presentasi di ruang auditorium MAN 1 Surakarta dengan melibatkan siswa kelas XI dengan bermacam-macam jurusan.

Published
2022-12-31