Inovasi Produk Olahan Kedele pada UMKM Kedele Cryspy Erte

  • Asroful Kadafi Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Madiun
  • Suharni Suharni Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Madiun
  • Ratih Christiana Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Madiun
Abstract views: 62 , PDF downloads: 27
Keywords: produk kedele, UMKM

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada masa pandemic Covid-19 adalah salah satu sektor ekonomi yang terdampak. Masalah ini juga dialamai oleh Mitra Program Pengabdian Masyarakat kami. UMKM mitra kami yang memproduksi olahan kedelai, memiliki beberapa permasalahanj diantaranya: pertama: produksi dilakukan masih dengan cara tradisional, kedua: belum memiliki ijin usaha, dan ketiga: belum memiliki ijin PIRT. Untuk menyikapi masalah ini, perlu adala solusi membantu permasalahan Mitra. Dari permasalahan yang ada Tim Pengabdian Masyarakat (Abdimas) merencana metode pelaksanaan diantaranya: melaksanakan pelatihan dan pendampingan kepada mitra (pengolahan, pengemasan dan pemasaran), dan melakukan pendampingan pengurusan ijin administrasi mitra. Hasil yang dicapai dari program ini diantaranya: Usaha Mitra mengalami perubahan yang cukup siginifikan, ditandai dari olahan produk kedele yang dulunya hanya kedele goreng dikemas dalam kemasan sederhana sekarang menjadi olahan kedele krispi yang jauh memiliki nilai ekonomi tinggi, diperolehnya Ijin PIRT dan Ijin Usaha.

 

Abstract

UMKM during the Covid-19 pandemic was one of the economic sectors affected. This problem is also experienced by our Community Service Program Partners. Our partner MSMEs that produce processed soybeans, have several problems including: first: production is still carried out traditionally, second: does not have a business permit, and third: does not have a PIRT permit. To address this problem, a solution is needed to help Partner's problems. From the existing problems, the Community Service Team (Abdimas) plans implementation methods including conducting training and mentoring to partners (processing, packaging, and marketing) and providing assistance in the management of partner administrative permits. The results achieved from this program include: Partners' businesses have undergone significant changes, marked from processed soy products which were previously only fried soybeans packaged in simple packages, now processed crispy soybeans which have far high economic value, obtaining PIRT permits and business permits

Published
2021-07-18
Section
Articles