EVALUASI BANGUNAN GEDUNG PERKULIAHAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS TUNAS PEMBANGUNAN SURAKARTA

  • Kukuh Kurniawan Dwi Sungkono Universitas Tunas Pembangunan
  • Reki Arbianto Universitas Tunas Pembangunan
  • Teguh Yuono
  • Suryo Handoyo
  • Erni Mulyandari
  • Paska Wijayanti
  • RA Dinasty Purnomoasri
  • Tri Hartanto
Keywords: evaulasi bangunan, hammer test, core drill, CPT

Abstract

Evaluasi struktur bangunan dibutuhkan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan struktur bangunan dan atau kualitas material. Kekuatan dan kemampuan struktur dalam menahan beban rencana menjadi unsur utama sebuah bangunan. Pada bangunan yang sudah ada, untuk mengetahui mutu kuat tekan beton dilakukan dengan metode uji tidak merusak (non-destructive test, NDT) dan uji merusak (destructive test, DT). Daya dukung tanah dapat diperoleh dari pengujian lapangan yaitu Cone Penetration Test (CPT) atau sondir. Metode evaulasi bangunan dilakukan pada material beton dan daya dukung tanah. Evaulasi material beton dilakukan dengan hammer test dan core drill pada elemen balok kolom bangunan. Sedangkan pengujian tanah menggunakan metode CPT atau sondir sebanyak 2 titik. Hasil pengujian core drill menunjukkan kuat tekan balok sebesar 6,33 MPa dan kolom sebesar 2,48 MPa. Berdasarkan penyelidikan tanah, tanah keras berada pada kedalaman 5-meter. Berdasarkan data pengujian core drill dan sondir, perlu dilakukan analisis kinerja bangunan terhadap resiko gempa. Untuk memastikan bangunan aman terhadap resiko terjadinya kegagalan pada saat terjadi gempa.

References

ACI 437R-03. 2003. “ACI 437R-03. Strength Evaluation of Existing Concrete Buildings.” American Concrete Institute (ACI): 1–28.

ASTM. 2008. “ASTM C 805. Standard Test Method for Rebound Number of Hardened Concrete.” : 1–10.

ASTM C42. 2013. “Standard Test Method for Obtaining and Testing Drilled Cores and Sawed Beams of Concrete.” i: 1–6.

Badan Standardisasi Nasional. 2019. SNI 2847:2019, Persyaratan Beton Struktural Untuk Bangunan Gedung Dan Penjelasan. Jakarta: BSN.

Badan Standarisasi Nasional. 2008. “SNI 2827:2008, Cara Uji Penetrasi Lapangan Dengan Alat Sondir.”

Khirunnisa, Syarifah, Mirza Ghulam Rifqi, and M. Shofi’ul Amin. 2019. “Kajian Kuat Tekan Beton Di Lingkungan Laut Tropis Banyuwangi.” Potensi?: Jurnal Sipil Politeknik 21(2): 47–53.

McCormac, J C, and R H Brown. 2013. Design of Reinforced Concrete, 9th Edition. Wiley.

Ningki, Andi Nur Kalsum, Nur Hikmah, Asmu Harrama, and M Ihsan Ramadhan Ibnu Lukman. 2023. “Assesmen Bangunan Gedung Dengan Metode Non Destructive Test (Ndt) Dan Destructive Test (Dt).” In SEMINAR NASIONAL DIES NATALIS 62, , 7–12.

Ridhayani, Irma. 2021. “Studi Analisis Daya Dukung Tanah Berdasarkan Data Sondir Di Kampus Padhang-Padhang Universitas Sulawesi Barat.” Bandar: Journal of Civil Engineering 3(2): 37–42.

Published
2024-01-21