HUBUNGAN RESILENSI AKADEMIK MAHASISWA DAN PROKASTINASI AKADEMIK MAHASISWA DI ERA NEW NORMAL

  • Susilawati Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
  • Endang Rifani Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
  • Fadilah Syarifah Ummah Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
  • Ulfatul Musrifah Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
Keywords: Resiliensi Akademik, Protaktinasi Akademik, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengtahui hubungan antara resilensi akademik mahasiswa dan juga prokastinasi akademik mahasiswa di era new normal. Penelitian ini melibatkan 90 mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adakah instrumen Resilensi Akademik Mahasiswa dan Prokastinasi Akademik Mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasi dan data dianalisis menggunakan deskriptif analisis dengan bantuan IBM SPSS for Windows untuk mendeskripsikan hubungan dari resilensi akademik mahasiswa dan juga prokastinasi akademik mahasiswa dengan fator tambahan jenis kelamin mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan secara keseluruhan nilai signifikansi (Sig=0,731 >0,05)) sehinga hasil mengungkapkan tidak adanya korelasi yang signifikan antara resilensi akademik mahasiswa dan juga prokastinasi akademik mahasiswa. Selain itu pada faktor jenis kelamin mengungkapkan tidak terdapat korelasi yang signifikan antara resiliensi akademik mahasiswa dan jenis kelamin dengan nilai signifikansi (Sig= 0.820 > 0.05). Sedangkan pada jenis kelamin dan prokastinasi memiliki korelasi yang signifikan dengan nilai signifikansi (Sig=0,01<0,05).

References

Aucejo, E. M., French, J., Ugalde Araya, M. P., & Zafar, B. (2020). The impact of COVID-19 on student experiences and expectations: Evidence from a survey. Journal of Public Economics, 191, 104271. https://doi.org/10.1016/j.jpubeco.2020.10427

Balkis, M., & Duru, E. (2017). Gender differences in the relationship between academic

procrastination, satisfaction with academic life and academic performance.

Electronic journal of research in educational psychology,15(1),105-125

Camacho-Zuniga, C., Pego, L., Escamilla, J., & Hosseini, S. (2020). The impact of the COVID19 pandemic on students’ feelings at high school, undergraduate, and postgraduate levels. Heliyon. doi:10.1016/j.heliyon.2021.e06465

Connor, K., & Davidson, J. R. (2003). Development of a new resilience scale: The connor davidson resilience scale (CD-RISC). Depression and Anxiety, 18, 76-82. doi:10.1002/da.10113

Creswell, J. W. (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (edisi terjemahan). Pustaka Pelajar

Ferrari, J., Johnson, J., & McCown, W. (1995). Procrastination and task avoidance: Theory, research, and treatment. Springer Science & Business Media

Hou, X.-L., Wang, H.-Z., Guo, C., Gaskin, J., Rost, D., & Wang, J.-L. (2016). Psychological resilience can help combat the effect of stress on problematic social networking site usage. Personality and Individual Differences, 61-65. doi:10.1016/j.paid.2016.12.048

Husky, M. M., Kovess-Masfety, V., & Swendsen, J. D. (2020). Stress and anxiety among university students in France during Covid-19 mandatory confinement. Comprehensive Psychiatry. doi:10.1016/j.comppsych.2020.152191

Khoirunnisa, R ,N., Jannah, M., Dewi, D, K., & Satingsih (2021). Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Tingkat Akhir pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan. http://dx.doi.org/10.26740/jptt.v11n3.p278-292

Livana, P. H., Mubin, M. F., & Basthomi, Y. (2020). " Learning Task" Attributable to Students' Stress During the Pandemic Covid-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, https://doi.org/10.32584/jikj.v3i2.590

Nyiagani, Pujining, W & Kristinawati, Wahyuni. (2021). Kecerdasan Emosi dengan Resiliensi Berdasarkan Jenis Kelamin pada Remaja di Panti Asuhan. Philanthropy Journal of Psychology

Ozer, B. U.& Ferrari, J. R. (2011). A cross sectional study on procrastination: Who

procrastinate more?.International Conference on education research and

innovation, 18, 34-37

Rahayu, Tasya, A., & Ediati, Annastasia, (2021) Self-Compassion Dan Resiliensi Pada Mahasiswa Di Era Adaptasi Kehidupan Baru. Jurnal Empati

Sari, S., Aryansyah, E., & K. Sari. (2020). Resiliensi mahasiswa dalam menghadapi pandemi covid-19 dan implikasinya terhadap proses pembelajaran. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application. doi:https://doi.org/10.15294

Shinta, Dewi., Fadilah, Risydah & Murad, Abdul. (2016). Hubungan Resiliensi Akademik dan Dukungan Sosial dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Angkatan 2015 Dan 2016 Fakultas Psikologi Universitas Medan Area. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS). http://DOI: 10.34007/jehss.v4i3.978

Sugioyono (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutirsno, Adi., Rini, Amanda, P, & Paritis, Niken, T. (2018). Prokrastinasi anggota Polrestabes Surabaya ditinjau dari jenis kelamin dan locus of control. Fenomena : Jurnal Psikologi. https://doi.org/10.30996/fn.v27i1.1498

WHO. (2020). Coronavirus Disease (COVID-19) Pandemic. World Health Organizational Regional Office for Europe. Siakses pada 20 September 2022 melalui link: https://www.euro.who.int/en/health-topics/healthemergencies/coronavirus-covid-19/novel-coronavirus-2019-ncov

Published
2022-12-31