HASIL BELAJAR KETERAMPILAN TENDANGAN LURUS PENCAK SILAT MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui hasil belajar keterampilan tendangan lurus pencak silat melalui model problem based learning pada peserta didik kelas IV UPT SD Negeri 159 Gresik tahu ajaran 2024-2025. Metode yang digunakan action research class dengan model siklus observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis dari pra siklus yaitu observasi awal diketahui nilai ketuntasan peserta didik kelas VI UPT SD Negeri 159 Gresik sebanyak 4 peserta didik (29%) yang tuntas sedangkan 10 peserta didik (71%) tidak tuntas dari total 14 peserta didik. Peningkatan hasil belajar keterampilan tendangan lurus pencak silat pada siklus 1 adalah 9 peserta didik (64%) sudah tuntas namun 5 peserta didik (36%) belum tuntas. Pada siklus 2 mengalami peningkatan hasil belajar keterampilan tendangan lurus pencak silat sangat signifikan dimana selurus peserta didik yang berjumlah 14 peserta didik (100%) sudah tuntas semua. Disimpulkan penerapan model problem based learning meningkatkan hasil belajar keterampilan tendangan lurus pencak silat.
References
Darmawan, (2023), D. (n.d.). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dan Teaching Games For Understanding (Tgfu) Dan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar PJOK.
Aini. (2021). Pengembangan Padlet Berbasis Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Kelas V.
Amrullah, A. M., DwiJayanti, K., & Srianto, W. (2022). Perbedaan Pengaruh Metode Latihan Plyometrics Bentuk Drop Jump Dan Double Leg Bound Terhadap Peningkatan Kecepatan Tendangan Depan Pencak Silat Pada Siswa Extrakurikuler Pencak Silat SMP Negeri 1 Jogorogo Tahun 2021. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 8(1), 14–26.
Arifin, S. (2017). Internalisasi Sportivitas pada Pendidikan Jasmani. Zifatama Jawara.
Coleman, B. D., & Fuoss, R. M. (2019). Statistik Deskriptif. Journal of the American Chemical Society, 77(21), 5472–5476. https://doi.org/10.1021/ja01626a006
Dwi Cahyani, M., Wakhyudin, H., Rachmawati, Y., Isti Faizah, N., & Guru, P. (2023). Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik dengan Model Problem Based Learning Berbantu Media Pot Penjumlahan Kelas II Sekolah Dasar. Jl. Klipang Raya No. 02 Kec. Tembalang Kota Semarang, 24(November), 50272.
Ediyono, S., & Widodo, S. T. (2019). Memahami Makna Seni dalam Pencak Silat | Ediyono | Panggung. Panggung, 29(3), 300–313.
Kusuma, Y. Y. (2021). Peningkatan Hasil Belajar SIswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1460–1467. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.753
Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21
Nuraisyah, W., Hamdani, H., & Supriyanto, N. A. (2023). Peningkatan Kondisi Fisik Atlet Pencak Silat Di MTS Negeri 1 Sumenep. PeKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 77–82.
Nurul Ihsan, S. (2018). Sumbangan konsentrasi terhadap kecepatan tendangan pencak silat. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 8(1), 1–6.
Oktaviyati, A. H., Herianto, E., Fauzan, A., & Ismail, M. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning Bebasis Media Audio Visual dan Dampaknya Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2626–2631. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1510
Panggabean, H. S., Hasanah, N. U., Ulfia, S., Hardiyanti, S. D., Astuti, P. W., Septianingsih, & Fitri, E. (2021). Upaya Guru PAI Menciptakan Suasana Pembelajaran yang Efektif. Education & Learning, 1(2), 6–11. https://doi.org/10.57251/el.v1i2.52
Parwata, I. M. Y. (2021). Pengaruh Metode Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan: Meta-Analisis. Indonesian Journal of Educational Development, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781835
Ridha, C., & Arifin, S. (2013). Peningkatan Keterampilan Gerak Dasar Tendangan Lurus Pencak Silat Menggunakan Media Palang Melalui Pendekatan Metode Demonstrasi. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 12(2).
Schiff, N. T. (2020). Implementasi model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan kreativitas gerakan jurus prasetya. Journal of Physical and Outdoor Education, 2(1), 9–22.
Setyo, A. A., & Fathurahman. (2020). Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (Vol. 1). Yayasan Barcode.
Suwiwa, I. G. (2021). Effectiveness of Project Based Learning in Blended Learning to Increase Student Knowledge and Skill in Pencak Silat. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 6(2), 262–267.
Syarif, M., Irwami, A. A., & Susanti, E. (2024). Upaya Meningkatkan Keterampilan Tendangan Lurus Melalui Media Karet Elastis dan Kursi pada Ekstrakurikuler Pencak Silat. Jurnal Porkes, 7(2), 1105–1114.