PENERAPAN GAYA MENGAJAR BERDASAR JENIS KELAMIN TERHADAP GERAK LOMPAT KATAK PADA MAHASISWA SMESTER 1 PKO FKIP UTP SURAKARTA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh gaya mengajar umpan balik dan periksa diriterhadap biomekanika gerak lompat katak, (2) mengetahui biomekanika gerak lompat katak yang didasarkan jenis kelamin dan (3) mengetahui interaksi antara gaya mengajar dan jenis kelamin terhadap biomekanika gerak lompat katak.
Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen yang terdiri tiga variabel yaitu variabel independent: gaya mengajar, variabel atributif: jenis kelamin dan variabel dependent: biomekanika gerak lompat katak. Rancangan penelitian dengan desain faktorial 2x2. Sampel penelitian adalah mahasiswa smester 1 PKO FKIP UTP Surakarta sebanyak 40 mahasiswa. Tehnik pengambilan sample dengan purposive random sampling. Tehnik analisis data yang digunakan adalah anava 2x2, Pengujian hipotesis dilakukan dengan taraf signifikan 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh gaya mengajar umpan balik dengan gaya mengajar periksa diriterhadap biomekanika gerak lompat katak. Pengaruh gaya mengajar self check lebih besar daripada gaya mengajar umpan balik. (F hitung = 180,030 > F tabel = 5,32); (2)Terdapat pengaruh antara mahasiswa laki-laki dan perempuan terhadap biomekanika gerak lompat katak. Nilai rata-rata lompat katakpada mahasiswa laki-laki lebih besar daripada mahasiswa perempuan. ( F hitung = 69217 > F tabel = 5,32); (3)Terdapat interaksi antara gaya mengajar dan jenis kelamin terhadap biomekanika gerak lompat katak. Hasil post test untuk gaya mengajar periksa diripada mahasiswa laki-laki lebih tinggi daripada mahasiswa perempuan. Demikian juga hasil post test untuk gaya mengajar umpan balik pada mahasiswa laki-laki lebih tinggi daripada mahasiswa perempuan. ( F hitung = 27,225 > F tabel = 5,32)
Kata Kunci : Gaya Mengajar, jenis kelamin, Lompat katak