APLIKASI METODE PEMBELAJARAN BERMAIN DAN KONVENSIONAL MELALUI DESAIN ADDIE TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SPRINT 60 METER DALAM MENYONGSONG KURIKULUM 2013

  • BAGUS KUNCORO

Abstract

Penjas merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diberikan kepada siswa. Guru dalam memberikan materi pembelajaran penjas terhadap siswa haruslah memahami beberapa komponen pokok, salah satu diantaranya adalah substansi dalam pemberian materi terhadap siswa oleh pendidik. Dalam penerapan kurikulum 2013 yang mengedepankan standar proses, dimana pembelajaran yang bersifat tematik ini tidak mengakibatkan bosan oleh guru dan siswa. Guru Seringkali memberikan materi terhadap siswa pembelajaran yang sifatnya monoton dan tradisional bahkan mengarah pada pembelajaran yang membuat siswa sering merasa bosan. Sehingga dalam penelitian ini memberikan suatu solusi metode pembelajaran berbagai aplikasi bermain yang mengarah pada teknik 60 meter.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh latihan pembelajaran bermain dan konvensional terhadap kemampuan lari sprint 60 meter pada siswa putra kelas X SMA Miftahul Huda tahun pelajaran 2014/2015. (2) Pembelajaran yang lebih baik pengaruhnya antara pembelajaran bermain dan konvensional terhadap lari sprint 60 meter pada siswa putra kelas X SMA Miftahul Huda tahun pelajaran 2014/2015.

Untuk mencapai tujuan penelitian yang telah ditetapkan, Penelitian Eksperimen ini dilaksanakan dengan desain Pretest-Posttest. Penelitian ini diarahkan ke penelitian eksperimen yang menggunakan pendekatan Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini putra kelas X SMA Miftahul Huda berjumlah 40 siswa Putra yang terbagi dalam empat kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Dipilih total sampling karena dalam penelitian dilaksanakan selama periode pembelajaran yang sudah terdapat dalam silabus SMA. Sampel diambil keseluruhan dari populasi tiap kelasnya, sehingga besarnya sampel yang digunakan sebanyak 40 orang.  Teknik pengumpulan data yang digunakan tes dan pengukuran kemampuan sprint 60 meter. Teknik analisis data yang digunakan dengan uji t pada taraf signifikansi 5%.

Author Biography

BAGUS KUNCORO
FKIP PKO UTP SKA
Published
2014-07-02
How to Cite
KUNCORO, B. (2014). APLIKASI METODE PEMBELAJARAN BERMAIN DAN KONVENSIONAL MELALUI DESAIN ADDIE TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SPRINT 60 METER DALAM MENYONGSONG KURIKULUM 2013. Jurnal Ilmiah Spirit, 14(2). https://doi.org/10.36728/jis.v14i2.274