PENGARUH METODE LATIHAN HILL REPEATS TERHADAP HASIL LARI JARAK MENENGAH PADA SISWA KELAS VIII MTs AL-HIDAYAH KARANGPUCUNG

  • Gesit Subur Fathoni STKIP Darussalam Cilacap
  • Dian Imam Saefulah STKIP Darussalam Cilacap
  • Kusmiyati STKIP Darussalam Cilacap

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil lari jarak menengah siswa MTs Al-Hidayah Karangpucung. Salah satu penyebabnya adalah kurang bervariasinya metode latihan yang digunakan dalam pembelajaran atletik. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti menerapkan metode latihan hill repeats sebagai upaya meningkatkan kekuatan otot tungkai, daya tahan, dan kecepatan lari siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode latihan hill repeats terhadap hasil lari jarak menengah siswa kelas VIII MTs Al-Hidayah Karangpucung. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian berjumlah 18 siswa kelas VIII yang dipilih dengan teknik total sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes lari 800 meter dan 1500 meter. Analisis data dilakukan dengan uji Paired Sample t-Test menggunakan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan antara hasil pretest dan posttest setelah diberikan latihan hill repeats. Rata-rata waktu lari 800 meter mengalami peningkatan dari 248,44 detik menjadi 231,44 detik, sedangkan lari 1500 meter meningkat dari 427,39 detik menjadi 416,33 detik. Hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode latihan hill repeats berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil lari jarak menengah siswa. Dengan demikian, latihan hill repeats efektif diterapkan sebagai variasi latihan dalam pembelajaran atletik di sekolah, khususnya untuk meningkatkan kemampuan lari jarak menengah siswa.

Published
2025-10-21
How to Cite
Subur Fathoni, G., Dian Imam Saefulah, & Kusmiyati. (2025). PENGARUH METODE LATIHAN HILL REPEATS TERHADAP HASIL LARI JARAK MENENGAH PADA SISWA KELAS VIII MTs AL-HIDAYAH KARANGPUCUNG. Jurnal Ilmiah Spirit, 26(1), 161-166. https://doi.org/10.36728/jis.v26i1.5706