Kemampuan Mahasiswa Universitas Tunas Pembangunan Surakarta FKIP Program Studi PKO dalam Tes TOEFL Seksi ‘Structure and Written Expression’

  • PARDIYONO PARDIYONO

Abstract

TOEFL adalah kependekan dari Test of English as a Foreign Language, yang diperuntukkan bagi mereka yang bukan termasuk native speaker. Tujuan utama diselenggarakannya TOEFL adalah untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang menurut ukuran standard yang telah ditetapkan dalam TOEFL Scoring. Berdasarkan rekaman data hasil tes persiapan TOEFL selama tiga tahun terakhir ini, hanya terdapat kurang lebih15% dari peserta TOEFL yang mendapatkan score antara 370 sd. 380, dan selebihnya masih di bawah 370. Penelitian ini hanya difokuskan pada seksi Structure and Written Expression, dengan tujuan adalah untuk mengetahui kemampuan para mahasiswa  memahmi penerapan grammar di berbagai ragam kalimat yang disajikan di dalam materi uji TOEFL berdasarkan testing points yang sudah ditetapkan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasi objek sesuai dengan apa adanya, noneksperimen, dan tidak diterapkan kontrol ataupun manipulasi variabel penelitian. Obyek penelitian adalah 30 mahasiswa tingkat akhir Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP), program studi Kepelatihan dan Olah Raga (PKO); tahun akademik 2012-2013, yang telah dipilih secara acak (random). Data hasil tes diindentifikasi untuk menemukan ragam “wrong and correct answers†berdasarkan “testing points†yang telah ditetapkan. Dari analisa dalam tabulasi, ditemukan bahwa rata-rata jawaban benar pada hasil tes TOEFL adalah sebesar 17,76%. Prosentasi jumlah jawaban benar pada item soal yang berbentuk kalimat simple adalah sebesar 15,9% sedangkan kalimat kompleks adalah sebesar 18,6%. Materi yang paling rendah score jawaban benar adalah “subjunctive†(4%), “gerund†(6,6%), “preposition and pronoun†(11%). Score tertinggi terdapat pada materi “comparativeâ€, yaitu sebesar 30%. Berdasarkan  hasil temuan ini, perlu diadakan reoreintasi materi pembelajaran bahasa Inggris agar lebih memperhatikan penguasaan “grammar†untuk menyokong fungsi bahasa sebagai media komunikasi untuk kepentingan akses informasi dan pengetahuan dari berbagai teks tertulis dan lisan. Hal demikian ini dikarenakan TOEFL pada dasarnya adalah mengujikan penguasaan grammatical rules dalam konteks komunikasi yang bersifat natural.

Author Biography

PARDIYONO PARDIYONO
PKO FKIP UTP SKA
Published
2017-07-02
How to Cite
PARDIYONO, P. (2017). Kemampuan Mahasiswa Universitas Tunas Pembangunan Surakarta FKIP Program Studi PKO dalam Tes TOEFL Seksi ‘Structure and Written Expression’. Jurnal Ilmiah Spirit, 16(2). https://doi.org/10.36728/jis.v16i2.581