UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH BOLAVOLI MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI GANDEKAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025

  • Bima Nur Rozzaq Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
  • Bagus Kuncoro Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
  • Rendra Agung Prabowo Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
Keywords: Bolavoli, Bermain, Tindakan Kelas.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan passing bawah bolavoli menggunakan metode bermain pada siswa kelas VI SD Negeri Gandekan Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Sampel penelitian adalah pada siswa kelas VI SD Negeri Gandekan Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025 dengan jumlah 28 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling yaitu sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes kemampuan passing bawah bolavoli dan observasi proses kegiatan pembelajaran servis bawah bolavoli dengan melalui media bermain. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif. Prosedur penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil analisis data maka simpulan diperoleh: (1) Pembelajaran passing bawah melalui metode menggunakan media bermain pada siswa kelas VI SD Negeri Gandekan Surakarta pada kondisi awal jumlah siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 3 anak (11%) dengan nilai rata-rata sebesar 65,71. (2) Hasil kemampuan passing bawah melalui metode menggunakan media bermain pada siswa kelas VI SD Negeri Gandekan Surakarta pada siklus I meningkat menjadi 12 siswa (43%) dengan nilai rata-rata sebesar 76,9. (3) Hasil kemampuan passing bawah melalui metode menggunakan media bermain pada siswa kelas VI SD Negeri Gandekan Surakarta pada siklus II, meningkat menjadi 25 siswa (89%) dengan nilai rata rata sebesar 82,14. Sehingga ketuntasan klasikal dalam kelas tersebut sudah mencapai lebih dari 75% siswa yang tuntas belajar.

Published
2025-07-16