PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA PERMULAAN MELALUI STRATEGI BIMBINGAN LANGSUNG PADA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui model pembelajaran strategi bimbingan langsung dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 di SD. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan strategi bimbingan langsung. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas 1 dengan jumlah siswa 22 orang. Lokasi penelitian adalah di SD Kartasura. Tekhnik pengumpulan datanya dengan observasi, dan tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil observasi guru dan siswa pada penelitian ini rata- rata sudah berada pada kategori baik. Penelitian ini menunjukkan, (1) Untuk perencanaan pembelajaran dengan strategi bimbingan langsung dilakukan dengan persiapan berupa rencana pelaksanaan pembelajaran, metode, strategi dan media berupa rancangan sumber bacaan melalui lembar teks. (2) Implementasi strategi bimbingan langsung telah meningkatkan pembelajaran membaca siswa, sehingga suasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, (3) Hasil pembelajaran dengan strategi bimbingan langsung telah mampu meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Hal ini dibuktikan dengan hasil tes pada siklus satu dengan nilai rata-rata kelas yaitu 68,2% atau berada pada kategori cukup. Pada siklus dua siswa sudah mengalami peningkatan nilai rata-rata kelas yaitu 90,9% atau berada pada kategori sangat baik.
References
Anitah, S. (2017). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Faisal, dkk. Peningkatan Keterampilan. Jurnal Mathematic Paedagogic, 1(1), 83- 90.
Fatra, S., Barasandji, S., & Efendi, E. (2016). Peningkatan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Strategi
Bimbingan Langsung Pada Siswa Kelas 1 SD Inpres 2 Lambunu. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(5), 109-117.
Firman, H. (2018). Penilaian Hasil Belajar dalam Pengajaran. Bandung: FMIPA UPI.
Hutauruk, R. A., & Taufina, T. (2020). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Proses Membaca dalam
Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD. eJournal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan
Dasar, 8(2).
Panjaitan, D. J. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Pembelajaran Langsung. Jurnal
Mathematic Paedagogic, 1(1), 83-90.
Ratih, M., & Taufina, T. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan dalam Pembelajaran Tematik
dengan Model VARK (Visual, Auditory, Read/Write and Kinesthetic) di Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal
Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 7(2), 82-90.
Suarni, N., Taufina, T., & Zikri, A. (2019). Literasi Membaca Meningkatkan Karakter Positif Siswa Sekolah Dasar.
Jurnal Basicedu, 3(4), 1014-1021.
Sudrajat, A. (2018). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran. Online)
(http:// smacepiring. wordpress. com).
Tanuwijaya, N. S., & Tambunan, W. (2021). Alternatif Solusi Model Pembelajaran Untuk Mengatasi Resiko
Penurunan Capaian Belajar Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Masa Pandemic Covid 19. Jurnal
Manajemen Pendidikan,10(2),80–90. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3272
Tarigan, D. (2013). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta: Universitas Terbuka