UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI MENGERJAKAN TUGAS DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS V PADA MASA PEMULIHAN PEMBELAJARAN PASCA MEREDANYA PANDEMI COVID-19 MELALUI PENERAPAN REWARD DI SD NEGERI MENURAN 02 KECAMATAN BAKI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

  • Ninda Beny Asfuri Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Abstract

         

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi mengerjakan tugas dan keaktifan siswa kelas V pada masa pemulihan pembelajaran pasca meredanya pandemi COVID-19 di SD Negeri Menuran 02 Kecamatan Baki tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas dengan subjek penelitiannya siswa kelas V SD Negeri Menuran 02 yang terdiri dari 10 laki-laki dan 8 perempuan. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa rata-rata kelas pada motivasi mengerjakan tugas dan keaktifan siswa saat pra siklus adalah 51,74 % dengan kategori cukup, meningkat pada siklus I menjadi 67,92 % dengan kategori tinggi, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 80,69 % dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan reward dapat meningkatkan motivasi mengerjakan tugas dan keaktifan siswa kelas V pada masa pemulihan pembelajaran pasca meredanya pandemi COVID-19 di SD Negeri Menuran 02 Kecamatan Baki tahun pelajaran 2022/2023.

References

Agung, I. (2012). Panduan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni.

A.M. Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo.

Anggraena, Y., Felicia, N., Ginanto, D. E., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiaswati, D. (2021). Kajian Akademik Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran. Diambil dari https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/ uploads/2022/02/Kajian-Akademik-Kurikulum-untuk-Pemulihan-Pembelajaran.pdf

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Rev. VI).

Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Firdaus, F. (2020). Esensi Reward dan Punishment dalam Diskursus Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 19–29. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4882

Gunawan, I. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Daring Peserta Didik Selama Pandemi COVID-19 Melalui Pemanfaatan Fitur Aplikasi Zoom Di SD Negeri77 Palembang. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 7(2), 152–163. https://doi.org/10.36706/jisd.v7i2.13255

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran: Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pramesti, R. A., Sambul, S. A. P., & Rumawas, W. (2019). Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan KFC Artha Gading. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 9(1), 57–63.

Purwanto, M. N. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Puslitjak. (2020). Risalah Kebijakan Mengatasi Risiko Belajar Dari Rumah. Diambil dari h t t p s : / / r e p o s i t o r i . k e m d i k b u d . g o . i d / 2 2 2 9

/ 1 / R i s a l a h % 2 0 Kebijakan _ P u s l i t j a k % 2 0 2 0 2 0 _ 1 0 _ Mengatasi _ Risiko _ Belajar _dari_ Rumah.pdf

Rahmayanti, dkk. (2013). Penerapan Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas IV SD Toriapes Kasimbar. Jurnal Kreatif Tadulako Online, Vol 1(3), 144-156.

Rizka, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Akidah Akhlak di MA Al-Hikmah Bandar Lampung. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung.

Said, M. S. (2021). Kurangnya Motivasi Belajar Matematika Selama Pembelajaran Daring di MAN 2 Kebumen. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 7–11. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i2.1047

Salim, A. (2022). Analisis Perubahan Sistem Pelaksanaan Pembelajaran Daring ke Luring pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah Al-Muttaqien Sumberejo Troso Klaten. El-hayah Jurnal Studi Islam, 12(1). https://doi.org/10.22515/elha.v12i1.5262

UNICEF. (2021). Menuju respons dan pemulihan COVID-19 yang berfokus pada anak: Seruan aksi. Diambil dari https://www.unicef.org/indonesia/id/laporan/ menuju-respons-dan-pemulihan-covid-19-yang-berfokus-pada-anak

Published
2023-07-21