PERENCANAAN PEMBELAJARAN LITERASI DENGAN MEDIA FLASHCARD PADA MURID TRANSISI PAUD-SD

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran literasi dengan media flashcard pada murid kelas 1. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang mengkaji dan menganalisis perencanaan pembelajaran literasi dengan menggunakan media flashcard. Subjek penelitian ini adalah guru dan murid kelas 1 SD Negeri Pabelan 03. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi dan studi dokumen. Teknik analisis data adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan perencanaan pembelajaran meliputi pemilihan metode pembelajaran, penyiapan media, penyiapan materi atau bahan ajar, penyiapan LKPD, dan rencana evaluasi pembelajaran. 1) Metode pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran literasi kelas awal atau di masa transisi PAUD-SD adalah permainan flashcard. 2) Media pembelajaran yang digunakan adalah flashcard yang berisi huruf abjad dan contoh kata-kata yang diawali dengan huruf tersebut dengan penggalan suku kata yang diberi warna berbeda. 3) Materi yang dipelajari adalah pengenalan huruf dan suku kata untuk memudahkan murid meningkatkan kemampuan membaca. 4) Guru mempersiapkan lembar kerja sebagai bentuk latihan murid dalam mengenal huruf dan suku kata. Lembar kerja yang dipersiapkan guru adalah menghubungkan penggalan suku kata dengan gambarnya. 5) Evaluasi akan dilaksanakan dengan mengajak murid satu persatu membaca kata yang disertai gambar untuk lebih memudahkan mereka mengidentifikasi nama benda tersebut.

References

Ahyar, Nurhidayah, & Saputra, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. JIPP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5 (11), 5241-5246.

Farisia, H. & Hasan, A. (2022). Modul Pembelajaran Literasi Kelas Awal Sekolah Dasar. Program Organisasi Penggerak (POP) Program Literasi Jenjang Sekolah Dasar Kabupaten Malang.

Febrianto, K., Yustitia, V., & Irianto, A. (2020). Aktifitas Murid dalam Pembelajaran dengan Menggunakan Media Flashcard di Sekolah Dasar. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 16(29), 92-98.

Januar, A.M., dkk. (2021). Pemberdayaan Siswa SD dalam Literasi Membaca melalui Media Bergambar di Magetan. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 11-22.

Maryanto, R. I.P. & Wulanata, I.A. (2018). Penggunaan Media Flashcard untuk Meningkatkan Pengenalan Bentuk Huruf Murid Kelas I pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah ABC Manado. Pedagogia, 16(3), 305.

Muhith, A., Agustina, U.W., Bahtiar, Y., & Afidah, N. (2020). The Development of Interactive Magic Card (IMC) based on Flash Card. Journal of Research on English and Language Learning, 1(1), 17.

Nawafilaty, T. (2018). Pengaruh Media Flash Card terhadap Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Kelompok A. JCE (Journal of Childhood Education), 1(1), 21-32.

Septi, Y., Munir, S., & Haviz, M. (2021). Perencanaan Merdeka Belajar Berbasis Literasi pada Pembelajaran PA di SMP Negeri 12 Sijunjung. Jurnal Al Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 83-95.

Sismulyasih, N.S. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan Menggunakan Strategi Bengkel Literasi pada Siswa SD. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 7(1), 68-74.

Wahyuni, S. (2020). Penerapan Media Flashcard untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatankuâ€. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1).

Wulandari, P., Nurbaedah, & Raihan, S. (2022). Peningkatan Keterampilan Literasi Membaca Permulaan melalui Media Flash Card Murid Sekolah Dasar. Pinisi Journal Of Education, 2(5), 8-19.

Published
2023-07-21