PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN LITERASI DI MASA TRANSISI PAUD-SD
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru dalam pembelajaran literasi di masa transisi PAUD-SD. Ini adalah penelitian deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan peran guru dalam pembelajaran literasi di masa transisi PAUD-SD. Data berupa pernyataan dari responden yaitu guru kelas 1 terkait dengan perannya dalam pembelajaran literasi. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan studi dokumen. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Triangulasi dilakukan dengan triangulasi metode, dimana peneliti menggunakan metode berbeda dalam menggali informasi terkait peran guru dalam pembelajaran literasi di kelas awal yakni kelas transisi PAUD-SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran guru dalam perencanaan pembelajaran literasi adalah merancang modul ajar, menentukan media pembelajaran, metode pembelajaran, materi ajar, lembar kerja siswa, dan rencana evaluasi yang dituangkan dalam modul ajar. 2) Peran guru dalam pelaksanaan pembelajaran ini adalah mengkreasikan model, media, dan strategi pembelajaran, memantau dan membimbing siswa yang belajar dengan melibatkan kemampuan psikomotorik, audio dan visual mereka. 3) peran guru dalam evaluasi pembelajaran adalah dengan melaksanakan evaluasi (evaluator) yaitu melaksanakan penilaian proses dan unjuk kerja.
References
Dasor, Y.W., Mina, H., & Sennen, E. (2021). Peran Guru dalam Gerakan Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 19-25.
Farisia, H. & Hasan, A. (2022). Modul Pembelajaran Literasi Kelas Awal Sekolah Dasar. Program Organisasi Penggerak (POP) Program Literasi Jenjang Sekolah Dasar Kabupaten Malang.
Husniati, Affandi, L.H., Saputra, H.H., & Makki, M. (2022). Kinerja Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Inklusif di SDN Gugus 1 Kopang. COLLASE: Journal of Elementary Education, 5(3), 438-445.
Iqbal, M., Winanda, A., Sagala, D.H., Hasibuan, U.R., & Wirahayu. (2023). Peran Guru dalam Kebijakan Merdeka Belajar dan Implementasinya terhadap Proses Pembelajaran di SMP Negeri 1 Pancur Batu. Journal on Education, 5(3), 9299-9306.
Marlina, T. & Khoiriyah, Z. (2022). Peran Guru pada Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar untuk Merealisasikan Program Merdeka Belajar. Bina Gogik, 9(2), 160-166.
Musfita, R. (2022). Transisi PAUD ke Jenjang SD: Ditinjau dari Muatan Kurikulum dalam Memfasilitasi Proses Kesiapan Belajar Bersekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1), 412- 420.
Mwangi, M.W. (2016). Parental Involvement and Strategies Used by Teachers in Supporting Children’s Transition from Pre-Primary to Primary School in Keambu County, Kenya. Thesis.
UNESCO. (2004). The Plurality of Literacy and Its Implication for Policies and Programmes. France: UNESCO Education Sector Position Paper.
Oktaviani, N., Witono, A.H., & Ermiana, I. (2022). Kesiapan Guru dalam Melaksanakan Kegiatan Literasi dan Numerasi di SDN 1 Selebung. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan,7(4b), 2608-2615.