EFEKTIFITAS TERAPI PERILAKU KOGNITIF BERBASIS TEKNIK SELF CONTROL DALAM KONSELING INDIVIDU UNTUK MENGURANGI KECANDUAN DALAM MENONTON DRAMA KOREA PADA MAHASISWA BK DI UNIVERSITAS TUNAS PEMBANGUNAN SURAKARTA

  • Eny Kusumawati Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Diana Dewi Wahyuningsih Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Deviana Novita Sari Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Abstract

Kemajuan negara korea salah satunya didukung dari bidang dunia hiburan khususnya perfilman dan musik, dalam era globalisasi kecanduan menonton drama korea sangat fenomenal dan sulit dikendalikan dikalangan mahasiswa yang notabenenya bebas memilih waktu untuk dipergunakan. Fenomena ini bisa menjadi ancaman karena mahasiswa merupakan penerus bangsa dimasa depan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui keefektifan dari layanan konseling individu dengan teknik self control untuk mengurangi kecanduan dalam menonton drama korea pada mahasiswa BK UTP Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis pre eksperimental Design dengan desain penelitian one group pretest posttest. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, di mana jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 4 mahasiswa BK UTP Surakarta. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, skala dan dokumentasi. Validitas instrumen menggunakan rumus product moment, reliabilitas dengan rumus Cronbach Alpha, dan analisis data dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dengan uji t (paired sample t-test), diperoleh hasil pretest (M = 108,24, SD = 10,046) sedangkan hasil posttest atau sesudah pemberian layanan berubah menjadi (M = 87,50, SD = 6,856) t (11,547), Sig.(2 Tailed) = 0,001 p < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara hasil pretest dan posttest. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa layanan konseling individu dengan teknik self control efektif dalam mengurangi kecanduan dalam menonton drama korea.

References

Ad, Yahya, dan Megalia Megalia. (2016). Pengaruh Konseling Cognitif Behavior Therapy (Cbt) Dengan Teknik Self Control Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Peserta Didik Kelas VIII Di SMPN 9 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Konseli, 3(2), 187-200.

Adita, W.B, Rosmawati, Elni yakub. (2018). Perilaku Kecanduan Menonton Drama Korea dan Hubungan Sosial pada siswa SMP N 13 Pekanbaru, (5).3.

Amanullah, A. S. R. (2019). Pendekatan Konseling Kognitif Perilaku. Jurnal Konseling Andi Matappa, 3(1), 8-14. DOI: http://dx.doi.org/10.31100/jurkam.v3i1.225

Anggraini, V., & Karneli, Y. (2021). Konseling individual menggunakan teknik parenting untuk membangun karakter siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 935-942. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.456

Fauziyah, N. V., & Muhid, A. (2021). Efektivitas layanan konseling individu dengan teknik behavior contract untuk mengatasi perilaku membolos siswa: Literature review. Jurnal Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik), 5(1), 17-48.

Hovart A. Coping with Addiction. 1989 [cited 2016 ]. Available from: https://repository.uin-suska.ac.id/13553/7/7.%20BAB%20II_201865PSI.pdf

Haolah, S., Atus, & Irmayanti, R. (2018). Pentingnya kualitas pribadi konselor dalam pelaksanaan konseling individual. Fokus, 1(6), 215-220.

Hartati, W., & Karneli, Y. (2020). Penggunaan pendekatan konseling individu trait and factor dalam perencanaan karier pada pria korban pelecehan seksual. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 223–228.https://doi.org/10.26539/teraputik.42422

Hakim, R. (2017). Dampak Kecanduan Internet (Internet Addiction) Pada Remaja. Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. 1(31), 280–284. https://eprints.unm.ac.id/25342/1/Artikel%20Ilmiah_%20AYU%20SARI%20UTAMI_1744041043.pdf

Islamiah, N., Daengsari, D. P., & Hartiani, F. (2015). Cognitive Behavior Therapy untuk Meningkatkan Self-Esteem pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 8(3), 142-152. https://doi.org/10.24156/jikk.2015.8.3.142

Indah Haryani, Jhon Herwanto. (2015). Hubungan konformitas dan kontrol diri dengan perilaku konsumtif terhadap produk kosmetik pada mahasiswi. Jurnal Psikologi, 11(1).

Islamiyati, A. N., Kusuma, R. S., & Kom, M. I. (2017). Drama Korea dan khalayak (penerimaan perempuan Indonesia terhadap budaya dan sosok laki-laki yang ditampilkan dalam tayangan drama Korea) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Khairunnisa, D. (2019). Budaya K-pop dan Kehidupan Remaja (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta). Skripsi. Jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Lee, Y.K,. Chang, C.T., Lin, Y., & Cheng, Z.H., (2014) The Dark Side Of Smartphone Usage: Pshycological Traits, Compulsive, Computer in Human Behavior,31,373-383. https://repository.uinsuska.ac.id/13553/7/7.%20BAB%20II_201865PSI.pdf

Martin, G., & Pear, J. (2015). Behavior modification: Meaning and application (tenth ed.). (Y. Santoso, translator). Yokyakarta: Student Library.

Marsela, R. D., & Supriatna, M. (2019). Kontrol diri: Definisi dan faktor. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice & Research, 3(2), 65-69. Retrieved from http://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling

Novarita, E. (2014). Perilaku bolos siswa dan implikasinya terhadap layanan bimbingan dan konseling: Studi deskriptif terhadap siswa SMP N 1 Pasaman. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 2(2), 9-13. https://doi.org/10.31004/jkp.v2i2.96

Putri, RY, Rosmawati, & Yakub, E. (2018). Kecanduan Menonton Drama Korea dan Perilaku Imitasi pada Siswa SMA Negeri 12 Pekanbaru. JOM FKIP, 5(1), 1–15.

Prasanti, R. P., & Dewi, A. I. N. (2020). Dampak Drama Korea (Korean Wave) terhadap Pendidikan Remaja.Lectura:Jurnal Pendidikan, 11(2), 256-269. https://doi.org/10.31849/lectura.v11i2.4752

Rahman, I.K & Sa’adah, F. M. (2015). Konsep Bimbingan dan Konseling Cognitive Behavior Therapy (CBT) dengan Pendekatan Islam untuk Meningkatkan sikap Altruisme Siswa, 12(2), 52.

Safrizal. (2015). Fungsi Layanan Konseling Individu dalam Menuntaskan Masalah Pribadi Peserta Didik di MAN Sibreh Aceh Besar. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Suryanti, D. (2016). Kekerasan Simbolik Tayangan Drama Seri Korea Terhadap Perilaku Remaja Asrama Putri Kabupaten Kutai Timur. Jurnal Sosiatri-Sosiologi, 4(2).

Saleh, Adnan A, (2018). Pengantar Sosiologi. Makassar: Aksara Timur

Willis, S. (2014). Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta

Warsah, Idi & Daheri, Mizron (2021). Psikologi : Suatu Pengantar. Yogyakarta: Tunas Gemilang press

Published
2025-01-01