UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPAS DENGAN METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA DI SDN BOROREJO SURAKARTA
Abstract
Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial menjadi momok bagi siswa karena di anggap sulit, padahal siswa di tuntut untuk memperoleh nilai sesuai dengan yang telah di tentukan. Adapun tujuan penelitian yang di lakukan adalah sebagai berikut: 1). Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi zat dan perubahannya. 2). Menganalisis penerapan metode pembelajaran outdoor learning terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri Bororejo Surakarta. Metode penelitian yang di gunakan peneliti adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah seluruh jumlah siswa kelas V SD Negeri Bororejo Surakarta pada Mata Pelajaran IPAS Materi Wujud Zat Dan Perubahannya. Prosedur penelitian adalah suatu rangkaian tahap-tahap penelitian dari awal sampai akhir yang mencakup tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pelaksanaan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menurut Millis (2003) yang peneliti gunakan antara lain: Observasi, Wawancara, Tes, Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran outdoor learning atau pembelajaran di luar kelas dapat di simpulkan: 1). Perbaikan pembelajaran yang dilakukan guru dengan menggunakan metode pembelajaran outdoor learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajar IPAS materi wujud zat dan perubahannya. 2). Pembelajaran dengan metode outdoor learning dapat memotivasi siswa sehingga dapat belajar aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan.
References
Andini, S. D., & Firmansyah, D. (2022). Pengaruh kecerdasan analitik terhadap hasil belajar siswa pada materi bentuk aljabar. Didactical Mathematics, 4(1), 58–64. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2062
Basri, I. (2017). Evaluasi pembelajaran sekolah dasar (SD) berbasis pendidikan karakter dan multikultural. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(4), 247.
https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12593
Fadila, N., & Hariyati, N. (2019). Implementasi pembelajaran luar kelas (Outdoor Learning) di sekolah kreatif SD Muhammadiyah 16 Surabaya. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 7(1), 1–12.
Haryanto, T., & Sriyanto, S. (2022). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Melalui Metode Outdoor Learning. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3, 596–603. https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.346
Lestari, I. D. (2017). Pengaruh literasi sains terhadap kemampuan kognitif siswa pada konsep ekosistem. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 103–106.
Novalia, R. (2020). Pengaruh metode Outdoor Learning terhadap kemampuan peserta didik menulis karangan deskripsi kelas IV di Mi Miftahul Huda Tambak Jaya Way Tenong Lampung Barat. 1–76.
Qulub, L. (2019). Profesionalisme pendidik dalam proses pembelajaran. Dirasat: Jurnal Studi Islam & Peradaban, 14(01), 29–44. https://dirasat.id
Rachmayani, A.N. (2015). Perencanaan Pembelajaran Outdor Learning Berbasis Karakter. 6.
Rustam, S., & Santoso, A. B. (2015). Penerapan metode outdoor study pada pembelajaran geografi kelas X ips ma Al bidayah kecamatan kandungan kabupaten Semarang Tahun 2014/2015. Edu Geography, 3(8), 72–79.
Saragih, D. P., Sianturi, C. L., & Simamora, A. B. (2024). Pengaruh metode pembelajaran Outdoor Learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPA di SD Negeri 094129 Bah Tobu. 4, 16448–16462.
Simanjuntak, R. (2019). Mengenal teori-teori belajar 0utdor Learning. Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 47–60. iu.ac.id/index.php/tabyin/article/view/4%0A
Wulandari, F. (2020). Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar anak Sekolah Dasar.
Journal of Educational Review and Research, 3(2), 105. https://doi.org/10.26737/jerr.v3i2.2158