KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN JASMANI SD DI KOTA YOGYAKARTA

  • Liska Sukiyandari Universitas Wahid Hasyim
  • Miftachul Ala Universitas Wahid Hasyim

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Dasar di kota Yogyakarta dalam era Revolusi Industri 4.0. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif ini dilakukan melalui tahapan: studi pendahuluan penentuan latar penelitian yang terdiri dari tempat dan waktu penelitian. Pengambilan data melalui tahapan pra lapangan, tahap lapangan. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu membaca, menyimak, menelaah, menafsirkan, mengklarifikasikan serta data-data yang diperoleh untuk menentukan kesimpulan analisis akhir dimana peneliti membandingkan data yang diperoleh dengan teori yang relevan selanjutnya berdasarkan analisis dapat ditarik suatu kesimpulan. Hasil penelitian berdasarkan data yang ada guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan sudah cukup baik dalam kajian kompetensi pedagogik. Ada beberapa guru yang belum maksimal tapi dengan adanya pelatihan dapat ditingkatkan kompetensi pedagogik guru tersebut. Simpulan dari penelitian ini adalah kompetensi pedagogik guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan harus ditingkatkan melalui (1) Mengadakan pengawasan dan kedisiplinan (2) Penyediaan sarana yang memadai (3) Mengadakan rapat (4) Penataran (5) Seminar (6) Workshop (7) Mengadakan kunjungan guru-guru antar sekolah (8) Mengadakan riset atau percobaan. Diharapkan dengan penelitian ini Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan siap menghadapi tantangan masa depan.

References

Ariani, N., dkk. (2010). Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Ariasdi. (2008). Pelatihan Multimedia Pembelajaran Berbasis ICT di SMAN I Koto Singkarak. Diambil tanggal 13 November 2021, dari http://enewsletterdisdik.wordpress.com.
Ashby, Eric. (2002). The Design Development and Education of Instructional Software. New York: Mc. Millan Publ., Co
Chaeruman, U.A. (2007). Karakteristik Independent Learning. Diambil tanggal 13 November 2011, dari http://www. uwesanischaeruman.com.
Febriana, R. (2021). Kompetensi guru. Jakarta: Bumi aksara.
Hackbarth S. (2001). The Educational Technology Hanbook. New Jersey: Educational Technology Publication, Englewood Cliffs.
Hamdani MA. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Heinich, R., et. al. (2004). Instructional Media and Technologies for Learning. New Jersey: Prentice Hall, Englewood Cliffs.
Hergenhahn, B.R., dan Mattew H. Olson. (2010). Teori Belajar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Hill, W.F. 1990. Teori Belajar. Jakarta: Karunia Mega.
Kusumaningtyas, R. A., Damayanti, R., Hastuti, S. B., & Fatmawati, B. S. (2022). Uji Kompetensi Guru. Bumi Aksara.
Maudiarti, S., dkk. (2008). Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Mayer, R.E. (2009). Multimedia Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mylsidayu, A. (2011). Pengembangan Model Tes Keterampilan Bola Basket Untuk Anak Usia 10-12. Jurnal IPTEK Olahraga, Volume 13 No. 1. Hlm. 1-19.
Ngadiman, dkk. (2011). Pengembangan Alat Bantu Untuk Latihan Footwork Bulutangkis Berbasis Teknologi Microconroller. Jurnal IPTEK Olahraga, Volume 13 No. 2. Hlm. 146-165.
Novrianti. (2008). Pengertian Teknologi Pembelajaran. Diambil tanggal 13 November 2011, dari http://www.sweetyhome.com.
Nugraheni, B.I. (2007). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Mata Kuliah Akuntasi Dasar I. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Volume 9 No. 1. Hlm. 1-19.
Putra, R. (2008). Hubungan Mahasiswa. Diambil tanggal 13 November 2011, dari http://www.ilmupsikologi.com/mahasiswa.
Putri, A. (2023). Kompetensi Pedagogik Guru Penjas Sma Se-Kecamatan Weleri. Doctoral dissertation, Universitas Wahid Hasyim.
Rajiman. (2007). Media Pembelajaran Penggunaan Media. Diambil pada tanggal 13 November 2011, dari http://www.unisula.ac.id/content/view/20/9.
Sadiman, A. (2009). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sanaky, H.A.H. (2009). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.
Schramm, W.( 2002). Media Besar dan Media Kecil. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta Press.
Sudrajat, A. (2018). Sumber Belajar untuk Mengefektifkan Pembelajaran Siswa. Diambil tanggal 13 November 2021, dari http://akhmadsudrajat.wordpress.com/sumber-belajar.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suharyanto. (2007). Pengembangan Animasi Komputer pada Pembelajaran Fisika SMA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Volume 8 No. 1. Hlm. 43-58.
Suherman, A. (2019). Analisis Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani. Jurnal IPTEK Olahraga, Volume 12 No. 3. Hlm. 279-297.
Suryobroto, A.S. (2006). Diktat Mata Kuliah Teknologi Pembelajaran. Yogyakarta: FIK UNY.
Winarno, dkk. (2009). Teknik Evaluasi Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta: Genius Prima Media.
Published
2025-07-15