Pengaruh Panjang Tabung Aktuator terhadap Posisi Uplock Landing Gear
Abstract
Sistem hidrolik digunakan untuk mengatur landing gear pada posisi extend dan retract pada pesawat terbang. Pemanfaatan fluida bertekanan akan mendorong aktuator untuk menekan landing gear sesuai dengan perintah yang dilakukan. Sirkulasi aliran fluida harus sesuai dengan sistem hidrolik yang digunakan untuk menahan landing gear supaya pada posisi maksimal. Faktor penghambat aliran fluida karena adanya udara yang masuk pada selang pada sistem hidrolik. Selang yang terindikasi terdapat udara didalamnya akan membuat sistem hidrolik mengalami pelambatan pada aktuator. Posisi extend dan retract akan perlahan bergerak bahkan tidak bergerak sama sekali apabila kebocoran selang terlalu besar. Pengecekan kebocoran fluida pada mekanisme sistem hidrolik yang dilakukan tidak mengalami kebocoran. Sistem hidrolik bekerja dengan baik dan lancar pada saat menggerakkan landing gear. Panjang aktuator memiliki pengaruh pada posisi maksimal extend sehingga tidak bisa mencapai titik uplock. Pada panjang 10.5 cm posisi extend tidak bisa mencapai uplock pada saat mekanisme sistem hidrolik dijalankan, sehingga penambahan panjang 3 cm pada bagian aktuator dilakukan. Penyesuaian panjang aktuator dengan rangka penggerakan dilakukan supaya landing gear pada posisi extend mampu mencapai pada titik uplock.
References
[2] W. Bhirawa, “Sistem Hidrolik Pada Mesin Industri,” Jurnal Teknologi Industri, vol. 6, p. 80, 2020.
[3] D. B. Jani, S. Ashish, S. Aditya, S. Yash, and S. Bishambhar, “An overview on aircraft hydraulic system,” no. December, 2022.
[4] Komarudin, Y. I. Pratama, and I. Soleh, “Perancangan Power Unit Sistem Hidrolik untuk Payung Hidrolik di Masjid Raya Aceh,” Jurnal Tera, vol. 2, no. 1, p. 35, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.undira.ac.id/jurnaltera/article/view/159
[5] A. Birry, F. Teknik, and U. Telkom, “PERANCANGAN PROTOTYPE LANDING GEAR SYSTEM DAN MONITORING PERGERAKAN LANDING GEAR SYSTEM PESAWAT TERBANG UNIVERSITAS TELKOM DESIGN OF PROTOTYPE LANDING GEAR SYSTEM AND MONITORING THE MOVEMENT OF AIRCRAFT LANDING GEAR SYSTEM WITH MICROCONTROLLER”.
[6] J. Chen, Q. Xu, Y. Guo, and R. Chen, “Aircraft Landing gear Retraction/Extension System Fault Diagnosis with 1-D Dilated Convolutional Neural Network,” Sensors, vol. 22, no. 4, 2022, doi: 10.3390/s22041367.
[7] A. Pambekti, Y. M. Okia, R. Kurniawan, L. Al Huda, and B. Evan, “Analisis Kerusakan Retract Actuator Nose Landing gear Pada Pesawat Boeing 737-800 Next Generation Logic Event AND,” vol. 3, no. 06, pp. 855–860, 2025.
Copyright (c) 2025 Rayana Hasan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.