Gaya Hidup , Pengetahuan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Ramah Lingkungan
(Studi pada SUPER INDO)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh langung dan tidak langsung secara simultan maupun parsial mengenai gaya hidup, pengetahuan dan kepercayaan terhadap loyalitas konsumen produk ramah lingkungan di Super Indo Kartasura.
Penelitian ini mengambil populasi sebanyak 100 konsumen Super Indo dan mengambil sampel dengan teknik Propotional Random Sampling. Penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dimana teknik pengambilan data menggunakan kuisioner dan teknik analisis data regresi linier berganda.
Hasil uji F membuktikan bahwa gaya hidup, pengetahuan, dan kepercayaan secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen produk ramah lingkungan di Super Indo Kartasura. Hasil pengujian menunjukan bahwa gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen di Super Indo Kartasura. Pengetahuan memiliki efek positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen di Super Indo Kartasura. Kepercayaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen di Super Indo Kartasura. Model regresi linier berganda dalam penelitian ini adalah Y = 2.135 + 0.322XF + 0.274XUB + 0,318XBO + e. Hasil koefisien determinasi menunjukan bahwa variabel gaya hidup, pengetahuan dan kepercayaan memiliki kontribusi sebesar 45,6% terhadap variabel loyalitas konsumen produk ramah lingkungan Di Super Indo Kartasura.