ANALISIS SISTEM ANTRIAN TIKETING SEBAGAI PENENTU TINGKAT OPTIMALISASI PELAYANAN PADA PERUSAHAAN UMUM DAERAH TAMAN SATWA TARU JURUG (TSTJ) SURAKARTA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1)Untuk mengetahui tingkat optimalisasi kedatangan pengunjung/ pelanggan dengan jumlah fasilitas yang ada. (2) Untuk mengetahui waktu pelayanan dengan jumlah kedatangan pengunjung/ pelanggan
Penelitian ini dilakukan pada Perusahaan Umum Derah Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) yang terletak di Kelurahan Jebres, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta.
Dapat disimpulkan bahwa waktu tunggu yang terjadi masih dirasakan terlalu lama oleh para pengunjung. Waktu tunggu tersebut masih dapat diminimumkan dengan bantuan alat analisis yang tepat karena tingkat pelayanan yang diberikan oleh pihak perusahaan pada saat sekarang ini belum optimal, sehingga untuk mencapai tingkat pelayanan yang optimal ini salah satu alternatifnya adalah dengan menambah fasilitas pelayanan yang ada sebanyak 2 buah. Pada tingkat fasilitas sebanyak 4 buah ini tingkat pelayanan dalam keadaan yang optimal, karena terdapat penurunan waktu tunggu, penghematan biaya fasilitas, serta pihak TSTJ mempunyai prospek yang baik di masa yang akan datang karena dapat lebih banyak melayani para pelanggan dalam suatu periode operasi.
Kata kunci: Tingkat optimalisasi kedatangan pengunjung