PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MELALUI KULIAH KERJA NYATA (KKN) DI DESA POLENG KECAMATAN GESI KABUPATEN SRAGEN
Abstrak
Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah komponen penting dari tridharma sebuah perguruan tinggi, yang mewajibkan mahasiswa untuk terlibat langsung dalam memberdayakan masyarakat melalui aspek pendidikan, penelitian, dan layanan masyarakat. Artikel ini mengulas tentang pelaksanaan KKN kelompok berlangsung di Desa Poleng Kecamatan Gesi Kabupaten Sragen Jawa Tengah, dengan penekanan pada dua faktor utama yaitu pendidikan dan lingkungan. Metode pelaksanaan KKN yaitu memfokuskan pada prinsip partisipasi aktif warga seperti observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan diskusi kelompok. Kegiatan yang dilakukan mencakup Pembuatan Peta Administratif Desa, Pembuatan Plang Penunjuk Arah, Mengajar di Sekolah Dasar Negeri 1 Poleng, Kegiatan Lomba Voli dalam memeriahkan HUT RI, Kegiatan Kemah Jambore tingkat SD/SMP/SMA/SMK kecamatan Gesi. Kegiatan mengajar siswa menggunakan pendekatan edukatif yang partisipatif dan observasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kesadaran lingkungan di tengah masyarakat Hasil kegiatan menunjukkan adanya penerapan ilmu dan keterampilan mahasiswa demi berkontribusi nyata pada berbagai aspek kehidupan masyarakat, menunjukkan fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi yang baik, dan tingginya antusiasme masyarakat desa dalam mengikuti program kerja KKN.
Referensi
Muniruddin, M., Lubis, U. H., Arif, M., & Ismayati, H. (2024). Efektivitas Kuliah Kerja Nyata Kelompok 146 dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara di Desa Paya Perupuk. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (Jupendis), 2(4), 376-379.
Kusuma, N. I. P. R., Asriel, E. M., Prabowo, S. P. P., Addany, A. A. S., Muddin, I. N., & Turmudi, H. (2023). Peran mahasiswa dalam pembangunan desa melalui kuliah kerja nyata tematik di Desa Gentan Sukoharjo. Swarna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 292-300.
Syauki, M., Wahidah, W., Mirna, M., Khairunnisa, K., Anggraini, D., Puspita, A. A., ... & Ryamizar, M. (2024). Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat melalui Program Kuliah Kerja Nyata di Desa Nalon Kecamatan Serbajadi. Catimore: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 91-101.
Ulfah, M., Sopiah, C., & Fazilet, N. (2025). Bermain dan Permainan Fondasi Emas Pendidikan Anak Usia Dini. EDU PUBLISHER.
Najah, T. S., Pebrianti, I., Rifaat, H., Kamaliah, U., Irawan, R., Hidayatulloh, R., ... & Adisty, L. (2023). Peran Mahasiswa KKN Dalam Membantu Kegiatan Proses Belajar Mengajar Di Sekolah Desa Tahai Baru. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(4), 4193-4200.
Sultan, F. A., Gunawan, H., Sobri, D. A., Al Afghani, M. R., & Kamilah, S. (2024). Pengabdian KKN dalam Meningkatkan Kepedulian Sosial dan Kreativitas Masyarakat: Kajian Kebudayaan Milangkala Desa Pasirhalang. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(1), 1-11.
Mufidah, Z., Fitriani, C. D., Audina, R., & Wahyuni, S. (2024, December). Upaya Penanganan Tindakan Bullying Melalui Sosialisasi Anti Bullying Di SDN 28 Randuagung Gresik. In Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kuliah Kerja Nyata (Vol. 2, No. 1).
Rusmini, S., Ners, M. K., & MM, F. (2025). Dampak Gadget terhadap Perkembangan Emosi dan Sosial Anak. Bookchapter Anak.
