PENGEMBANGAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM KULIAH KERJA NYATA DI DESA JATISOBO KECAMATAN JATIPURO KABUPATEN KARANGANYAR

  • Reki Arbianto Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Sumina Sumina Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas TunasPembangunan Surakarta
  • Erni Mulyandari Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Mutiara Kasih Kurnia Widodo Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Nasha Fadhil Caesarafi Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
Kata Kunci: KKN, pendidikan, pertanian, ekonomi

Abstrak

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan wujud implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang bertujuan mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi kampus untuk mengatasi permasalahan sosial dan mendorong pembangunan berkelanjutan di tingkat desa. Desa Jatisobo, yang memiliki potensi di sektor pertanian dan UMKM, namun menghadapi tantangan dalam kualitas SDM non-akademik, literasi digital, dan pengelolaan lingkungan, ditetapkan sebagai lokasi KKN. Oleh karena itu, program KKN difokuskan pada lima pilar utama yang bersifat holistik.  Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasar melalui bantuan belajar dan penilaian keterampilan membaca/menghitung siswa, memperkuat fondasi moral dan karakter anak-anak melalui kegiatan keagamaan, mendorong kemandirian ekonomi UMKM melalui pemanfaatan pemasaran secara daring, mentransfer inovasi pertanian melalui pelatihan budidaya sayuran organik; dan membentuk kesadaran lingkungan melalui pembiasaan membuang sampah pada tempatnya sejak usia dini.  Metode yang digunakan adalah Multi-Metode Terpadu dan Partisipatif, melibatkan hands-on workshop, fun learning, serta action research dan reward system. Program dilaksanakan dengan sinergi aktif bersama perangkat desa, guru SD, dan kelompok Karang Taruna selama satu bulan.  KKN berhasil memberikan kontribusi nyata di lima sektor utama yaitu peningkatan kemampuan dasar siswa terukur melalui post-test membaca dan berhitung, TPA/Mushola menjadi lebih aktif dan anak-anak termotivasi berdakwah; terfasilitasinya UMKM desa dalam onboarding ke platform e-commerce dan media sosial, membuka akses pasar yang lebih luas; Terlaksananya demplot budidaya organik; dan berhasil ditanamkannya kebiasaan membuang sampah pada tempatnya melalui reward system di sekolah dan penyediaan sarana pilah sampah yang edukatif. Keseluruhan program ini mendapat respon positif, menandai keberhasilan transfer ilmu dan adopsi inovasi oleh masyarakat Jatisobo.

Referensi

Indonesia. Undang-undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Pemerintah Pusat. Jakarta.
Syahza, A. (2019, August). Dampak nyata pengabdian perguruan tinggi dalam membangun negeri. In Unri Conference Series: Community Engagement (Vol. 1, pp. 1-7).
Firdaos, R., Wahyudin, W., Mulyosaputro, P., Gunawan, W., & Vitisia, V. (2024). Peran Pendidikan Tinggi Islam Dalam Membangun Karakter Dan Integritas Mahasiswa Muslim. Irfani, 20(1), 1-19.
Khasanah, A. A. U., Negara, D. S., Saputra, R., Suwito, S., Wibowo, A. S., Mujito, M., & Pakpahan, N. H. (2024). Peranan mahasiswa dalam kerja bakti desa untuk menyambut perayaan 17 Agustus di Desa Sukodono Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Economic Xilena Abdi Masyarakat, 2(1), 1-10.
Hasibuan, P. A. S., & Budiono, S. T. (2024). Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Sejak Usia Dini Melalui Kegiatan Pengelolaan Sampah 3R Di SDN Sawunggaling VII Surabaya. BERDAYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 19-27.
Dwiansyah, A., Putri, S. A. E., Cahyani, A., Agustina, A., Apriani, G., Pernandes, J., & Lestari, R. P. (2024). PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MELALUI KEGIATAN KULIAH KERJA NYATA (KKN) DIDESA SUMBER ARUM DUSUN 1. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(4), 5444-5453.
Sulistyowati, R., Listiadi, A., Subroto, W. T., Ramadhani, S. N., Sarfita, D., Damayanti, F., ... & Weni, W. (2025). PEMBELAJARAN EKONOMI DIGITAL: KONSEP, TRANSFORMASI PASAR DAN KESIAPAN TEKNOLOGI. Penerbit Tahta Media.
Hariyasasti, Y. (2025). Literasi Teknologi dan Pemanfaatan Alat Digital di Sekolah Dasar. International Journal Of Social, Policy And Law, 6(3), 13-29.
Khasanah, L. (2023). Generasi Emas Anak Usia Dini: Belajar Pembelajaran Karakter dari Belgia. Pustaka Peradaban.
Diterbitkan
2025-12-04