PELATIHAN PEMASARAN DIGITAL PADA UMKM SORAMATA DALAM MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL DAN WEBSITE
Abstract
Perkembangan teknologi dan internet memberikan peluang besar bagi bisnis kecil menengah (UMKM) untuk dapat memanfaatkan pemasaran digital untuk meningkatkan pertumbuhan dan keberlangsungan usahanya. Namun saat ini masih terdapat banyak UMKM yang belum memahami dan mengoptimalkan saluran pemasaran digital, seperti media sosial dan website. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada UMKM Soramata di Kota Salatiga yang merupakan UMKM bidang produk kesenian, event organizer pentas seni dan budaya. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan UMKM Soramata dalam mengoptimalkan digital marketing melalui pengelolaan media sosial dan pembuatan website. Kegiatannya antara lain pelatihan tentang digital marketing dan media sosial Instagram, membuat desain konten menggunakan aplikasi Canva, membuat konten video menggunakan aplikasi CapCut, dan membuat website menggunakan aplikasi Google Sites. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test, kegiatan pelatihan dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan kru UMKM Soramata dalam pemasaran digital. Penerapan digital marketing diharapkan terus dilakukan agar UMKM Soramata memperoleh hasil yang maksimal.
References
Anwar, K., Yunus, M., & Alfin, R. (2023). Digital Marketing Solusi Pemasaran di Era Digital untuk Meningkatkan Omset Penjualan UMKM. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 6(2), 404–414. https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i2.19149
Ardiansah, I., & Maharani, A. (2021). Optimalisasi Instagram Sebagai Media Marketing: Potret Penggunaan Instagram sebagai Media Pemasaran Online pada Industri UKM. CV. Cendekia Press.
Astina, C. (2022). Peningkatan UMKM Bidang Pemasaran dan Perekonomian melalui Pemanfataan Aplikasi Canva. SOROT?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1–6. https://doi.org/10.32699/sorot.v1i2.2626
Erlianalistiani, E., Rahmawati, R., & Marginingsih, R. (2023). Implementasi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Pendapatan Pelaku UMKM Desa Pantai Mekar. An-Nizam: Jurnal Bakti Bagi Bangsa, 2(1), 10–16. https://doi.org/10.33558/an-nizam.v2i1.6966
Febrian, A., Lina, L. F., Safitri, V. A. D., & Mulyanto, A. (2021). Pemasaran Digital dengan Memanfaatkan Landing Page pada Perusahaan Start-up. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(3), 313–320. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i3.10103
Febriana, R., Wijaya, R. S., & Taufiq, M. (2023). Pelatihan Pengembangan Konten Pemasaran Melalui Media Sosial Untuk Membantu Perkembangan UMKM Di Kelurahan Keputih. Jurnal ABDIMAS Indonesia, 1(2), 22–30. https://doi.org/10.59841/jurai.v1i2.96
Hakim, L. N. (2022). Pelatihan Membuat Website Digital Marketing dengan Google Site untuk Meningkatkan Kompetensi Keahlian di Kalangan Mahasiswa. KOMUNITA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 69–73. https://doi.org/10.60004/komunita.v1i2.23
Haryono, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Website terhadap Penjualan Produk Pengusaha UMKM pada Asosiasi Industri Kreatif Depok. Sosio E-Kons, 10(1), 39–46. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i1.2324
kelaskita.com. (2023). Apa Itu Pre Test dan Post Test? Definisi, Tujuan dan Contoh Soal. Kelaskita.Com. https://www.kelaskita.com/artikel/pre-test-dan-post-test-definisi-tujuan-dan-contoh-soal
Kencana, W. H., Budilaksono, S., Thantawi, A. M., Suwartane, I. G. A., & Sentosa, E. (2022). Pengembangan Website Tanpa Coding Dan Hosting Gratis. Jurnal IKRAITH-ABDIMAS, 5(2), 151–155.
Priambada, S. (2015). Manfaat Penggunan Media Sosial Pada Usaha Kecil Menengah (UKM). SESINDO: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, 41–46.
Riyantoko, P. A., Fahrudin, T. M., Sa’diyah, I., Varqa Ansori, N. A., Atnanda, P. A., & Alamsyah, R. B. (2022). Pemanfataan Aplikasi Canva Sebagai Media Pemasaran di Kampung Kue Surabaya. Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 198–203. https://doi.org/10.32722/mapnj.v5i1.4529
Sakti, I. M., Pratiwi, D. C., & Jati, S. C. (2022). Pelatihan Fotografi dan Editing untuk Meningkatkan Promosi Produk Kerajinan Rajut. Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 451–464.
Sendi, M., Carolin, I. G., Silvia, Ramadani, R., Nurasmi, Fahri, M., & Wardana, E. D. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Digitalisasi dalam Pemanfaatan Platform Digital pada Pelaku Usaha UMKM di Desa Salo Palai. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(2), 878–882.
Setiawan, S. R. D. (2019). Mengapa Masih Banyak UMKM Indonesia yang Belum “Go Digital”? Ekonomi.Kompas.Com. https://ekonomi.kompas.com/read/2019/02/12/152246426/mengapa-masih-banyak-umkm-indonesia-yang-belum-go-digital
Solihah, S., & Zakiah, N. E. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva untuk Mengembangkan Kreativitas dalam Pemasaran Produk UMKM Makanan Khas Daerah Ciamis. Abdimas Galuh, 4(2), 1041–1050. https://doi.org/10.25157/ag.v4i2.8099
Sulastri. (2022). Peran Penting UMKM dalam Ancaman Isu Resesi. Djkn.Kemenkeu.Go.Id/. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-balikpapan/baca-artikel/15677/Peran-Penting-UMKM-dalam-Ancaman-Isu-Resesi.html
Copyright (c) 2024 Laurentius Kus Savata Reyhan, Anisha Kristina Hendratono, Jeremia Joel Sigarlaki, Imanuel Madea Sakti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang ingin memasukkan naskah untuk diterbitkan pada jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui poin-poin di bawah ini.
- Manuskrip yang diserahkan belum diterbitkan sebelumnya baik secara online maupun cetak.
- Manuskrip yang dikirimkan harus mengandung novelty yang baik. Minimal kebaruan referensi adalah 80% dari total referensi yang digunakan.
- Topik manuskrip harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Penulisan manuskrip telah disesuaikan dengan panduan penulisan yang ditentukan oleh Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Abstrak dan kata kunci disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam pengisian metadata penyerahan manuskrip.
- Referensi yang digunakan 75% harus berasal dari sumber primer (jurnal) dan 25% sumber sekunder (buku, majalah, koran, website, dll).