PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH, PENGGUNAAN APLIKASI PENCARIAN SUMBER REFERENSI DAN MANAJEMEN REFERENSI PADA MAHASISWA
Abstract
Kondisi saat ini menunjukkan bahwa masih rendahnya kemampuan mahasiswa untuk merencanakan penelitian dan menuliskan mempublikasikan artikel hasil penelitian pada jurnal ilmiah. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam menghasilkan karya ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal ilmiah. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu pelatihan dan pendampingan dengan rincian kegiatan yaitu identifikasi kebutuhan, penyusunan program pelatihan, penentuan metode pembelajaran, penyusunan materi pelatihan, penyelenggaraan pelatihan, pendampingan dan bimbingan individu, evaluasi, publikasi dan penyebaran. Hasil pengabdian masyarakat ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis mahasiswa, kualitas artikel yang lebih baik, produktifitas penulisan artikel ilmiah, peningkatan partisipasi dalam forum ilmiah.
References
Rossiter, W. (2001). The Scientist's Guide to Writing: How to Write More Easily and Effectively throughout Your Scientific Career. Rutgers University Press.
Díaz, R. E. D., & Galan-Muros, V. (2019). The role of writing in undergraduate research experiences: A systematic review. Journal of Writing Research, 11(2), 369-416.
Lane, C. (2010). A Guide to Academic and Scientific Publication: How to Get Your Writing Published in Scholarly Journals. A & C Black.
Devi, K. S., & Nair, V. (2019). Importance of scientific paper writing skills in research methodology for students of medical and dental sciences. Journal of Education Technology in Health Sciences, 6(2), 71-76.
Nikolovska, V., & Nikolovski, D. (2021). Improving academic writing skills of students by providing scientific writing training. Journal of Language and Linguistic Studies, 17(2), 1164-1173.
Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Buku Panduan Penulisan Artikel Ilmiah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hyland, K. (2016). Academic Publishing and the Myth of Linguistic Insecurity. Journal of English for Academic Purposes, 23, 32-42.
Murray, R. (2009). Writing for Academic Journals. Open University Press
Ismail, I., & Elihami, E. (2019). Pelatihan Penyusunan Artikel Publikasi Ilmiah bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi STKIP Muhammadiyah Enrekang. Maspul Journal Of Community Empowerment, 1(1), 12-20. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/271
Nurgiansah, T. H. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa PPKn Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16-23. https://doi.org/10.47747/pengabdiankepadamasyarakat.v1i1.114
Satiti, W. S., & Ami, M. S. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika UNWAHA. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 105–110. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v3i2.2581
Ginting, S. D. B., & Basyir, M. (2021). Pelatihan penulisan dan publikasi artikel ilmiah mahasiswa tingkat iv jurusan teknik elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe tahun 2020/2021. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (JBIP), 3(1), 120-128. https://doi.org/10.34012/bip.v3i1.1833
Pebriana, P. H., Pahrul, Y., & Mufarizuddin, M. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Mahasiswa Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Journal of Human and Education, 2(1), 9-12.
Anwar, R. N., Sabrina, S., & Cahyani, A. N. (2021). Pelatihan penggunaan software mendeley untuk meningkatkan keterampilan menulis karya ilmiah mahasiswa. An-Nas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-6.
Copyright (c) 2023 Imam Setyo Nugroho, Diyah Nur Hidayati, Mohammad Ali Yafi, Diana Dewi Wahyuningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang ingin memasukkan naskah untuk diterbitkan pada jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui poin-poin di bawah ini.
- Manuskrip yang diserahkan belum diterbitkan sebelumnya baik secara online maupun cetak.
- Manuskrip yang dikirimkan harus mengandung novelty yang baik. Minimal kebaruan referensi adalah 80% dari total referensi yang digunakan.
- Topik manuskrip harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Penulisan manuskrip telah disesuaikan dengan panduan penulisan yang ditentukan oleh Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Abstrak dan kata kunci disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam pengisian metadata penyerahan manuskrip.
- Referensi yang digunakan 75% harus berasal dari sumber primer (jurnal) dan 25% sumber sekunder (buku, majalah, koran, website, dll).