PENGUATAN KETRAMPILAN MANAJERIAL BISNIS BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI BAGI PENGELOLA BUMDES DESA SUMBERBENING, KECAMATAN DONGKO, TRENGGALEK

  • Mugi Harsono Universitas Sebelas Maret
  • Asri Laksmi Riani Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Hunik Sri Runing Sawitri Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Suryandari Istiqomah Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Anastasia Riani Suprapti Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Intan Novela Qurratul Aini Universitas Sebelas Maret Surakarta

Abstract

Desa Sumberbening merupakan salah satu desa di Kabupaten Trenggalek yang memiliki misi memperkuat perekonomian desa melalui pendirian dan pengelolaan Bbadan Usaha Milik Desa (BUMDes). Desa Sumberbening memiliki beberasa BUMDes, diantaranya ada perusahaan air minum dalam kemasan “BENTOYA”, Kolam Renang, Rest Area dan Kedai Kopi. Dalam pengelolaan BUMDes ini, masyarakat serta perangkat Desa Sumberbening menghadapi beberapa kendala. dimana beberapa diantaranya adalah minimnya adaptasi digital BUMDes, dan belum optimalnya manajerial BUMDes tersebut. Pengabdian yang dilakukan tim peneliti berfokus pada kedua aspek tersebut, dimana dilakukan pendampinggan manajerial terutama dalam hal perencanaan dan pengambilan keputusan stratejik, serta pembekalan kapasitas digital bagi pengelola BUMDes di Desa Sumberbening. Dalam keberjalanannya pendampingan tersebut dapat membantu peningkatan rata-rata omset BUMDes minimal 55%, dan adanya kehadiran digital dari BIMDes tersebut. Hal ini memberikan catatan penting bagi pentingnya pengambilan keputusan stratetjik yang didampingi manajemen yang kokoh, serta pentingnya kehadiran digital bagi sebuah badan usaha.

References

Anatan, L. & Nur. (2023). Micro, Small, and Medium Enterprises’ Readiness for Digital Transformation in Indonesia. Economies, 11(6), 156. https://doi.org/10.3390/economies11060156

Astri, R., Faradika, F., A, M. R., & Kamal, A. (2021). Digital Management of Micro, Small and Medium Enterprises (MSME) Activities Based on the Unified Approach. Scientific Journal of Informatics, 8(2), 258–267. https://doi.org/10.15294/sji.v8i2.29339

Graybill, J. O. (2014). Millennials among the Professional Workforce in Academic Libraries: Their Perspective on Leadership. The Journal of Academic Librarianship, 40(1), 10–15. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2013.09.006

Kawung, G. M. V., Mintardjo, C. M. O., Rompas, W. F. I., & Rogi, M. H. (2022). Digital Technology Transformation of SMEs: Indonesian Case Study. American Journal of Multidisciplinary Research and Innovation, 1(6), 56–60. https://doi.org/10.54536/ajmri.v1i6.948

Kemenparekraf, 2019. Desa Wisata-Sumberbening. https://jadesta.kemenparekraf. go.id/desa/sumberbening

Legowo, M. B., Indiarto, B., & Prayitno, D. (2022). A Conceptualization of The Sme Digitalization Model To Support The “SME-Go Digital” Program in Indonesia. Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship. https://doi.org/10.17358/ijbe.8.3.421

Pontas, laman berita MPR RI, 2021. Genjot PAD, Wisata “Waroe” Trenggalek bakal dimaksimalkan. https://pontas.id/2021/03/09/genjot-pad-wisata-waroe-trenggalek-bakal- maksimalkan Gambaran iptek berisi uraian maksimal 500 kata menjelaskan gambaran iptek yang akan diimplentasikan di mitra sasaran.

Reyhan, L. K. S., Hendratono, A. K., Sigarlaki, J. J., & Sakti, I. M. (2024). Pelatihan pemasaran digital pada umkm soramata dalam menggunakan media sosial dan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4.

Saunila, M. (2020). Innovation capability in SMEs: A systematic review of the literature. Journal of Innovation & Knowledge, 5(4), 260–265. https://doi.org/10.1016/j.jik.2019.11.002

Scales, A. N., & Quincy Brown, H. (2020). The effects of organizational commitment and harmonious passion on voluntary turnover among social workers: A mixed methods study. Children and Youth Services Review, 110, 104782. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.104782

Shettima, M. B., & Sharma, D. N. (n.d.). Impact of Digitalisation on Small and Medium Enterprises in Nigeria. 1301.

Telukdarie, A., Dube, T., Matjuta, P., & Philbin, S. (2023). The opportunities and challenges of digitalization for SME’s. Procedia Computer Science, 217, 689–698. https://doi.org/10.1016/j.procs.2022.12.265

Thrassou, A., Vrontis, D., Weber, Y., Shams, S. M. R., & Tsoukatos, E. (Eds.). (2020). The Changing Role of SMEs in Global Business: Volume II: Contextual Evolution Across Markets, Disciplines and Sectors. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-45835-5

Trinugroho, I., Pamungkas, P., Wiwoho, J., Damayanti, S. M., & Pramono, T. (2022). Adoption of digital technologies for micro and small business in Indonesia. Finance Research Letters, 45, 102156. https://doi.org/10.1016/j.frl.2021.102156

Zhao, Z., Havakhor, T., & Mandviwalla, M. (n.d.). SME Digitization: How do Micro, Small, and Medium-Sized Firms Digitize.

Published
2024-07-29
Section
Articles