PERAN KEMITRAAN DALAM IMPLEMENTASI KONSEP KEBERLANJUTAN PADA BUMDES DAN LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT DI YOGYAKARTA
Abstract
Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini merupakan rangkaian program yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan seperti Perguruan Tinggi, Mahasiswa, Lembaga Pemerintahan dan Lembaga Swadaya Masyrakat yang bertujuan untuk mewujudkan keberlanjutan lingkungan dan bisnis. Program ini mengadaptasi model business partnership scheme dimana pihak terkait saling berkolaborasi dan memberikan kontribusinya sebagai ujung tombak perubahan, khususnya pada aspek keberlanjutan lingkungan dan bisnis. Para mitra yang terlibat antara lain BUMDES Amarta yang bergerak pada sektor manajemen sampah dan ReiSPIRASI, lembaga swadaya yang bergerak pada penangkaran tukik, semuanya berlokasi di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil dari program ini merupakan rekomendasi ilmiah yang dapat digunakan sebagai dasar dalam penentuan kebijakan dan pengambilan keputusan terkait aspek lingkungandan bisnis.
References
Ahmed, M., Zehou, S., Raza, S. A., Qureshi, M. A., & Yousufi, S. Q. (2000). Impact of CSR and Environmental Triggers on Employee Green Behavior: The Mediating Effect of Employee Well Being. Corporate Social Responsibility and Environmental Management, 27(5), 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.1002/csr.1960
Alkaher, I., & Gan, D. (2020). The role of school partnerships in promoting education for sustainability and social capital. Journal of Environmental Education, 51(6), 416–433. https://doi.org/10.1080/00958964.2020.1711499
Gobai, D. W. (2022). Ensiklik Laudato Si dan Perubahan Iklim. JURNAL REINHA, 13(2), 107–115. https://doi.org/10.56358/ejr.v13i2.194
Handoko, D. W., Wardhana, D. Y., & Pramusiwi, A. D. (2022). Merespon Tantangan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Melalui Model Sustainable Organization. Dinamika Governance Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 12(02), 205–220. https://doi.org/http://ejournal.upnjatim.ac.id/index.php/jdg/article/view/3028
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (2023). Laporan Kinerja 2023.
Lozano, R., Barreiro-Gen, M., & Zafar, A. (2021). Collaboration for organizational sustainability limits to growth: Developing a factors, benefits, and challenges framework. Sustainable Development, 29(4), 728–737. https://doi.org/10.1002/sd.2170
Mozo-Reyes, E., Jambeck, J. R., Reeves, P., & Johnsen, K. (2016). Will they recycle? Design and implementation of eco-feedback technology to promote on-the-go recycling in a university environment. Resources, Conservation and Recycling, 114, 72–79. https://doi.org/10.1016/j.resconrec.2016.06.024
Müderriso?lu, H., & Altanlar, A. (2011). Attitudes and behaviors of undergraduate students toward environmental issues. International Journal of Environmental Science and Technology, 8(1), 159–168. https://doi.org/10.1007/BF03326205
Ouz, D., Çakci, I., & Kavas, S. (2010). Environmental awareness of University Students in Ankara, Turkey. In African Journal of Agricultural Research (Vol. 5, Issue 19). http://www.academicjournals.org/AJAR
Paffenholz, T., & Spurk, C. (2006). Civil Society, Civic Engagement, and Peacebuilding. http://www.worldbank.org/conflict
Sachs, W. (2017). The Sustainable Development Goals and Laudato si’: varieties of Post-Development? Third World Quarterly, 38(12), 2573–2587. https://doi.org/10.1080/01436597.2017.1350822
Singh, R., & Abbas, M. Y. (2012). A Survey of Environmental Awareness, Attitude, and Participation amongst University Students: A Case Study. In International Journal of Science and Research (IJSR) ISSN (Vol. 3). www.ijsr.net
Zelezny, L. C., & Schultz, P. W. (2000). Promoting Environmentalism. In Journal of Social Issues (Vol. 56, Issue 3).
Copyright (c) 2024 Daniel Yudistya Wardhana, Debora Wintriarsi, Aloysia Desy Pramusiwi, Oscar Chrismadian Noventa, Ivana Elysia Sinarso, Ignatius Novianto Hariwibowo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang ingin memasukkan naskah untuk diterbitkan pada jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui poin-poin di bawah ini.
- Manuskrip yang diserahkan belum diterbitkan sebelumnya baik secara online maupun cetak.
- Manuskrip yang dikirimkan harus mengandung novelty yang baik. Minimal kebaruan referensi adalah 80% dari total referensi yang digunakan.
- Topik manuskrip harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Penulisan manuskrip telah disesuaikan dengan panduan penulisan yang ditentukan oleh Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Abstrak dan kata kunci disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam pengisian metadata penyerahan manuskrip.
- Referensi yang digunakan 75% harus berasal dari sumber primer (jurnal) dan 25% sumber sekunder (buku, majalah, koran, website, dll).