LITERASI MANAJEMEN KEUANGAN ISLAM BAGI GENERASI Z DI SMPM 11 DUKUH DEMPOK WULUHAN
Abstrak
Pengelolaan keuangan merupakan keterampilan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, termasuk bagi generasi muda. Literasi keuangan yang berbasis prinsip-prinsip Islam memiliki peran penting dalam membangun kebiasaan finansial yang sehat. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi manajemen keuangan Islam di kalangan siswa SMPM 11 Dukuh Dempok Wuluhan, khususnya generasi Z. Metode yang digunakan adalah penyuluhan dan pelatihan berbasis interaktif yang mengintegrasikan teori manajemen keuangan Islam dengan praktik di kehidupan sehari-hari. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman siswa tentang konsep-konsep keuangan Islam, termasuk konsep zakat, infaq, riba, dan pengelolaan harta secara syariah. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu siswa untuk lebih bijak dalam mengelola keuangan mereka di masa depan dengan cara yang sesuai dengan ajaran Islam.
Referensi
Dz., A. S. (2018) ‘Inklusi Keuangan Perbankan Syariah Berbasis Digital-Banking: Optimalisasi dan Tantangan’, Al-Amwal : Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syari’ah, 10(1), p. 63. doi: 10.24235/amwal.v10i1.2813.
Fahlefi, R. (2018) ‘Inklusi Keuangan Syariah Melalui Inovasi Fintech di Sektor Filantropi’, in Batusangkar International Conference III. Batusangkar: IAIN Batusangkar, pp. 205–212.
Hasana, M. and Alfan, M. (2022) ‘Sosialisasi Perencanaan Keuangan Islam Sejak Dini Sebagai Upaya Mencegah Konsumerisme Di Ra Baitur Rohim Wuluhan-’, 6(September), pp. 1364–1369.
Isapunju, W., Dama, H. and Ishak, I. M. (2024) ‘Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan UMKM Di Kawasan Menara Limboto’, Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 7(1), pp. 130–137.
Kusumastuti, D. (2021) ‘Peningkatan Literasi Keuangan melalui Pelatihan Evaluasi dan Perencanaan Keuangan Sehat Berbasis syariah pada Pengusaha Muslim Skala Mikro Kecil di Purwokerto’, Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 1(1), pp. 31–42. doi: 10.24090/sjp.v1i1.5136.
Permatasari, V. S. and Hidayatulloh, M. H. (2023) ‘Literasi Perencanaan Keuangan Islam dalam Perlindungan Konsumen Muslim’, Shafin: Sharia Finance and Accounting Journal, 3(2), pp. 196–206. doi: 10.1905/sfj.v3i2.10391.
Raharjo, M. E., Santoso, B. H. and Satrio, B. (2023) ‘Pengaruh Motivasi, Literasi Keuangan, Dan Demografi Terhadap Perencanaan Keuangan Untuk Mencapai Kebebasan Keuangan’, Technomedia Journal, 8(2), pp. 261–275. doi: 10.33050/tmj.v8i2.2095.
Sa’adah, S. L. (2017) ‘Zakat Wakaf (Ziswa): Solusi dalam Mewujudkan Pemberdayaan Umat’, Iqtishoduna: Jurnal Ekonomi Islam, 6(2), pp. 261–283.
Saumantri, T., Hidayatulloh, T. and Meghatruh, D. D. (2023) ‘Konsumerisme Beragama di Era Digital: Analisis Paradigma Postmodernisme Jean Baudrillard Terhadap Fenomena Beragama Umat Islam di Indonesia’, Islamadina : Jurnal Pemikiran Islam, 24(2), pp. 273–288. doi: 10.30595/islamadina.v0i0.14961.
Wijaya, J. C. and Setyawan, I. R. (2024) ‘Peran Financial Literacy sebagai Mediasi Faktor Penentu Financial Management Behavior Gen Z di Jakarta’, Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 6(2), pp. 391–399. doi: 10.24912/jmk.v6i2.29842
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Penulis yang ingin memasukkan naskah untuk diterbitkan pada jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui poin-poin di bawah ini.
- Manuskrip yang diserahkan belum diterbitkan sebelumnya baik secara online maupun cetak.
- Manuskrip yang dikirimkan harus mengandung novelty yang baik. Minimal kebaruan referensi adalah 80% dari total referensi yang digunakan.
- Topik manuskrip harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Penulisan manuskrip telah disesuaikan dengan panduan penulisan yang ditentukan oleh Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Abstrak dan kata kunci disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam pengisian metadata penyerahan manuskrip.
- Referensi yang digunakan 75% harus berasal dari sumber primer (jurnal) dan 25% sumber sekunder (buku, majalah, koran, website, dll).