PENDAMPINGAN BERKELANJUTAN SISTEM JAMINAN PRODUK MAKANAN HALAL BAGI UMKM

  • Cici Paramida Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Siti Rahmania Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Lesta Kurnia Bunhatika Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Miko Polindi Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Abstract

Pendampingan berkelanjutan dalam sistem jaminan produk halal bagi UMKM sangat penting untuk meningkatkan keinginan dan kualitas produk. Jurnal ini mengkaji model pendampingan yang efektif dalam mendukung UMKM dalam membangun dan mempertahankan Sistem Jaminan Produk Halal (SJPH). Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset (ABCD) digunakan sebagai kerangka utama, yang menekankan pemanfaatan aset lokal seperti sumber daya manusia, jaringan sosial, dan institusi untuk pemberdayaan. Melalui tahapan Discovery hingga Delivery, model ini mampu mengatasi hambatan umum seperti keterbatasan pengetahuan, keterbatasan teknologi, dan akses terhadap regulasi halal. Studi kasus UMKM Pisang Keju 88 Bude menunjukkan bahwa penerapan model ini meningkatkan literasi digital, akuntabilitas usaha, serta citra profesional produk, sehingga UMKM menjadi lebih siap menghadapi audit halal dan persaingan pasar digital. Selain itu, pengembangan modul pelatihan dan pembentukan komunitas belajar berbasis kolaborasi diyakini mampu memperkuat ekosistem halal nasional yang berkelanjutan. Rekomendasi dari tulisan ini menekankan pemerintah daerah, institusi pendidikan tinggi, dan mitra strategis dalam mengintegrasikan dan memperluas sistem pendampingan berbasis komunitas yang digital dan inklusif, agar UMKM mampu berdaya dan berkelanjutan dalam ekosistem halal global.

References

Amalia Tondang, G., Nasution, M. L. I., & Dharma, B. (2023). Pengaruh suasana cafe, harga, variasi menu terhadap minat kunjungan konsumen (Studi kasus: Dbest Cafe Tuamang). Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 6(1), 15–26. https://doi.org/10.25299/syarikat.2023.vol6(1).12913

Arifin, Z., Subagja, I. K., & Hakim, A. (2024). Digital governance: Studi kasus digitalisasi pelayanan publik terpadu di Kabupaten Serang, 5(1), 1–19.

Cut Susan Octiva, A., & others. (2024). Implementasi teknologi informasi pada UMKM: Tantangan dan peluang. Jurnal Minfo Polgan, 13(1), 815–821. https://doi.org/10.33395/jmp.v13i1.13823

Didik Suhariyanto. (2023). Pelatihan pengelolaan SDM di era digital pada UMKM. SABAJAYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 27–32. https://doi.org/10.59561/sabajaya.v1i2.16

Evaristus Didik Madyatmadja, Raden Ario Damar, & others. (2021). Infotech: Journal of Technology Information. Infotech, 7(1), 55–62.

Farisi, S. A., Fasa, M. I., & Suharto. (2022). Peranan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat. Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 9(1).

Harahap, E. F. (2012). Pemberdayaan masyarakat dalam bidang ekonomi. Manajemen dan Kewirausahaan, 3, 78–96.

Hidayat, Y., & others. (2024). Legal aspects and government policy in increasing the role of MSMEs in the halal ecosystem. F1000Research, 13, 722. https://doi.org/10.12688/f1000research.148322.1

Hurriati, L., Ulafah, B. R. M., & Rosita, R. (2024). Peran inkubator bisnis dalam membantu mengembangkan pelaku usaha baru (Studi pada UMKM binaan Inkubator Bisnis Unizar). Journal of Economic, Business and Accounting (COSTING), 7(3), 4493–4502. https://doi.org/10.31539/costing.v7i3.9255

Iqbal Pamungkas, M., & others. (2022). Jurnal Mahasiswa Antropologi, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.31947/jma.v2i1.2749

Ishlakhatus Sa, & others. (2025). Perilaku konsumtif Gen Z di era digital: Studi kasus di Kabupaten Pamekasan. 4(2), 95–106. https://doi.org/10.36420/dawa

Jurnal Teknik Mesin, Elektro Informatika, & Universitas Sebelas April. (2025). Manajemen risiko keamanan aset teknologi informasi di DISKOMINFOSANDITIK Kabupaten Sumedang menggunakan ISO. 4.

Karyani, E., & others. (2024). Intention to adopt a blockchain-based halal certification: Indonesia consumers and regulatory perspective. Journal of Islamic Marketing, 15(7), 1766–1782. https://doi.org/10.1108/JIMA-03-2023-0069

Kurniawan, D., & others. (2023). Pelatihan penyusunan dokumen sertifikasi halal bagi UMKM di Kota Batam. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Batam, 5(1), 49–61. https://doi.org/10.30871/abdimaspolibatam.v5i1.4558

Macmud, A., & Bustaman. (2022). Assistance program for the utilization of local assets in the development of natural colored batik by the community of the Kebon Gedang Block, Ciwaringin Village, Ciwaringin District Cirebon Regency. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(9), 1073–1088. https://doi.org/10.55927/jpmb.v1i9.2077

Mice Mus, & Jintan Putih. (2025). Efektivitas infusa jintan putih (Cuminum cyminum) sebagai antidiare pada mencit (Mus musculus). 3(1), 44–50.

Parawangsa, I., Santi, I. N., Parani, S. B., & Lamusa, F. (2021). Eksplorasi faktor penghambat adopsi digital marketing pada UMKM di Kota Palu. In Proceedings, 207–222.

Sa, I., & others. (2025). Perilaku konsumtif Gen Z di era digital: Studi kasus di Kabupaten Pamekasan. 4(2), 95–106. https://doi.org/10.36420/dawa

Suriyani, I., Karjoko, L., & Handayani, I. G. A. K. R. (2024). The effectiveness of halal certification for micro, small, and medium enterprises (MSMEs) with self-declare scheme. Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-218-7_87

Syauqillah, M., & others. (2024). Halal awareness behavior of producers and consumers from Maqashid Sharia perspective. 9(1), 89–101.

Wahyuningsih, M., & others. (2025). Green bond yield determinants in Indonesia: The moderating role of bond ratings. Journal of Risk and Financial Management, 18(4). https://doi.org/10.3390/jrfm18040210

Widiastutik, N. (2022). Inovasi produk sebagai strategi pengembangan usaha rangginang di Desa Purwosari. Jurnal Abditani, 5(1), 53–59. https://doi.org/10.31970/abditani.v5i1.118

Published
2025-06-28
Section
Articles