PENDAMPINGAN STRATEGI PEMASARAN PISANG KEJU 88 BUDE MENGGUNAKAN SISTEM DIGITAL MARKETING
Abstract
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memegang peran penting dalam pertumbuhan ekonomi lokal, namun masih menghadapi tantangan signifikan dalam hal pemasaran produk, khususnya di era digital. Pisang Keju 88 Bude, sebagai salah satu UMKM kuliner yang berlokasi di jalan raden fatah,pagar dewa,kota Bengkulu, mengalami kesulitan dalam menjangkau pasar yang lebih luas akibat keterbatasan dalam pemanfaatan strategi pemasaran digital. Penelitian ini bertujuan untuk mendampingi dan mengembangkan strategi pemasaran produk tersebut melalui penerapan sistem digital marketing yang terstruktur untuk merancang, mengimplementasikan strategi pemasaran digital yang efektif, dengan mengintegrasikan berbagai platform digital seperti media sosial, layanan pesan antar online, dan desain konten promosi yang menarik. Pelatihan serta praktik langsung penggunaan media digital seperti Instagram, WhatsApp Business, dan integrasi ke aplikasi GoFood dan Maxim Food Delivery, kegiatan pembuatan desain packaging serta evaluasi efektivitas strategi melalui peningkatan jangkauan dan transaksi. Desain promosi digital dibuat secara visual menarik dengan elemen grafis produk, tagline promosi, serta penyesuaian untuk berbagai kanal digital. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan pelaku usaha dalam mengelola platform digital, termasuk optimalisasi penggunaan GoFood dan Maxim sebagai kanal distribusi modern. Adopsi desain pemasaran visual (poster, feed Instagram, dan katalog digital) turut meningkatkan interaksi konsumen dan memperkuat identitas merek. Strategi ini berhasil mendorong pertumbuhan penjualan dan memperluas jangkauan pasar, sekaligus membuka potensi kolaborasi digital jangka Panjang.
References
Amalia, N., & Hakim, M. (2024). Strategi ekspansi pasar UMKM melalui digitalisasi pemasaran. Jurnal Ekonomi Digital, 8(1), 55–67.
Andayani, R., & Ramadhan, I. (2024). Storytelling dalam pemasaran digital berbasis media sosial. Jurnal Komunikasi Kreatif, 12(2), 101–115.
Badan Pusat Statistik. (2024). Statistik UMKM Indonesia 2024. Jakarta: BPS.
Firmansyah, D., & Lestari, A. (2023). Penerapan SEO dan media sosial dalam strategi digital marketing UMKM. Jurnal Teknologi dan Bisnis Digital, 5(3), 120–132.
Handayani, S. (2024). Analisis permasalahan pemasaran konvensional pada UMKM kuliner. Jurnal Manajemen Usaha Kecil, 11(1), 42–50.
Hapsari, D., & Prasetyo, E. (2023). Pemberdayaan UMKM melalui pendekatan edukatif dan partisipatif. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(4), 88–97.
Kementerian Koperasi dan UKM. (2023). Laporan tahunan UMKM dan kontribusi terhadap PDB Indonesia. Jakarta: Kemenkop UKM.
Kusuma, R., & Latifah, N. (2024). Transformasi digital UMKM sebagai model pengembangan kapasitas pelaku usaha. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Inklusif, 6(2), 77–89.
Lestari, M., & Yuliana, D. (2024). Belief reinforcement dalam pelatihan digital marketing untuk UMKM. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 10(1), 31–40.
Maulida, R., Hasanah, U., & Dwi, F. (2023). Action research dalam pendampingan UMKM berbasis digitalisasi. Jurnal Riset dan Inovasi Sosial, 4(2), 66–75.
Nugroho, B., & Fitrani, T. (2024). Interaksi pelanggan dan loyalitas merek melalui konten digital UMKM. Jurnal Pemasaran Kontemporer, 7(1), 91–102.
Nugroho, B., Setiawan, A., & Widodo, D. (2024). Pemasaran digital berbasis aset lokal pada UMKM. Jurnal Inovasi Ekonomi Lokal, 3(2), 59–70.
Putri, S., & Syahrul, A. (2023). Optimalisasi Google My Business untuk UMKM kuliner lokal. Jurnal Teknologi Informasi dan UMKM, 6(3), 44–56.
Rahmawati, T., & Pratama, B. (2024). Pemetaan kebutuhan pemasaran digital pada UMKM kuliner. Jurnal Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, 5(1), 23–35.
Rahmawati, T., Yuliana, D., & Hasan, A. (2024). Model kolaboratif dalam pendampingan digital marketing berbasis komunitas. Jurnal Transformasi Sosial Digital, 2(1), 11–22.
Setiawan, I., & Oktaviani, R. (2023). Evaluasi efektivitas pelatihan digital marketing pada UMKM. Jurnal Evaluasi Program dan Teknologi Pendidikan, 8(2), 74–85.
Sutrisno, H., & Hartini, E. (2023). Identifikasi aset komunitas dalam pengembangan usaha kecil. Jurnal Komunitas dan Pembangunan, 7(1), 60–72.
Wulandari, F. (2024). Tantangan literasi digital dalam pengembangan UMKM berbasis teknologi. Jurnal Ekonomi Kreatif dan Digitalisasi, 9(2), 51–62.
Yuliana, D., & Rachmawati, I. (2023). Hambatan adopsi digital marketing pada UMKM Indonesia. Jurnal Bisnis dan Teknologi, 10(1), 39–50.
Yuliani, N., Prasetyo, B., & Fadillah, M. (2023). Penguatan keberlanjutan usaha mikro melalui komunitas belajar digital marketing. Jurnal Inovasi dan Pengembangan Masyarakat, 5(2), 83–96
Copyright (c) 2025 Amini Berlianti, Femmy Aisyah Rahmadani, Rozanda Anjenia Putri, Rizky Aditya Saputra, Miko Polindi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang ingin memasukkan naskah untuk diterbitkan pada jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui poin-poin di bawah ini.
- Manuskrip yang diserahkan belum diterbitkan sebelumnya baik secara online maupun cetak.
- Manuskrip yang dikirimkan harus mengandung novelty yang baik. Minimal kebaruan referensi adalah 80% dari total referensi yang digunakan.
- Topik manuskrip harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Penulisan manuskrip telah disesuaikan dengan panduan penulisan yang ditentukan oleh Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Abstrak dan kata kunci disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam pengisian metadata penyerahan manuskrip.
- Referensi yang digunakan 75% harus berasal dari sumber primer (jurnal) dan 25% sumber sekunder (buku, majalah, koran, website, dll).