FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT KONSUMEN BERBELANJA BERAS ORGANIK DI SURAKARTA

  • RATIH DWI KARTIKASARI
  • KUSRIANI PRASETYOWQATI
  • SUSWADI SUSWADI

Abstract

Perkembangan permintaan akan produk organik banyak disebabkan oleh meningkatnya kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi produk pangan yang rendah residu bahan kimia sebagai bagian dari kecenderungan gaya hidup sehat dan kembali ke alam. Salah satu hasil pertanian yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia adalah beras. Persepsi konsumen tentang produk sangat bervariasi, oleh karenanya pemasar harus memperhatikan kebutuhan dan selera konsumen demi menghadapi persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengethaui tingkat kepentingan konsumen dalam berbelanja beras organik di Surakarta. Penelitian dilaksanakan pada bulan  Maret 2019 di Kota Surakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan total 30 resoponden. Analisis data menggunakan Prosentase Excel dan dijabarkan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kesehatan menjadi alasan paling penting bagi konsumen dalam mengkonsumsi beras organik dengan prosenatse sebesar 91%. Rata-rata tingkat kepentingan konsumen dalam berbelanja beras organik tergolong tinggi yaitu 80%. Oleh karena itu penting bagi pedagang atau produsen untuk menjaga dan meningkatkan kinerjanya sehingga konsumen memperoleh kepuasan dalam berbelanja beras organik.

Author Biographies

RATIH DWI KARTIKASARI
FP UTP SKA
KUSRIANI PRASETYOWQATI
FP UTP SKA
SUSWADI SUSWADI
FP UTP SKA
Published
2019-07-10
How to Cite
KARTIKASARI, R. D., PRASETYOWQATI, K., & SUSWADI, S. (2019). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT KONSUMEN BERBELANJA BERAS ORGANIK DI SURAKARTA. JURNAL ILMIAH AGRINECA, 19(2), 22-28. https://doi.org/10.36728/afp.v19i2.897

Most read articles by the same author(s)

> >>