PELATIHAN BUDIDAYA IKAN DALAM EMBER DI DESA JATEN, KECAMATAN JATEN, KABUPATEN KARANGANYAR

  • Agung Prasetyo Universitas Tunas Pembangunan
  • Suswadi Suswadi Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Tunas Pembangunan
  • Mahananto Mahananto Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Tunas Pembangunan
  • Nobertus Citra Irawan Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Tunas Pembangunan
  • Aprilia Yuanita Anwaristi Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Jalu Ariowibowo Mahasiswa Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Tunas Pembangunan
  • Agustina Tri Suryaningsih Mahasiswa Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Tunas Pembangunan
  • David Bagas Riyanto Mahasiswa Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Tunas Pembangunan
Abstract views: 55 , PDF downloads: 41
Keywords: pelatihan, bididaya ember, akuaponik

Abstract

Kegiatan pelatihan yang dilakukan di Desa Jaten bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran pentingnya pangan sehat untuk keluarga dan alternatif wirausaha saat menghadapi pandemi. Metode yang dipakai guna mencapai tujuan yang dimaksud adalah penyuluhan, pelatihan budidaya ikan dalam ember kombinasi dengan akuaponik kangkung. Hasil menunjukan bahwa pelatihan budidaya ikan dalam ember mampu meningkatkan pengetahuan mitra akan budidaya ikan dalam ember dan akuaponik sayur kangkung. Mitra dapat langsung mempraktekan Budikdamber dan Aquaponik, pengelolaan budidaya hingga manajemen usaha Budikdamber dan Aquapoik. Besar harapan penulis bahwa dengan memperkenalkan budidaya ikan dalam ember ke ibu-ibu PKK diharapkan mampu meningkatkan ketahanan pangan keluarga melalui pengan hasil produksi sendiri.

References

Andhikawati, A., Handaka, A. A., & Dewanti, L. P. (2021). Penyuluhan Budidaya Ikan dalam Ember (Budikdamber) di Desa Sukapura Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung. Farmers: Journal of Community Services, 2(1), 47. https://doi.org/10.24198/fjcs.v2i1.31547

Badan Pusat Statistik. (2021). Kecamatan jaten dalam angka 2021. Karanganyar.

Febri, S. P., Alham, F., & Afriani, A. (2019). Pelatihan Budikdamber (Budidaya Ikan Dalam Ember) di Desa Tanah Terban Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang. Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe, 3(1), 112–117.

Nazlia, S. (2018). Pengaruh Tanaman Berbeda Pada Sistem Akuaponik Terhadap Tingkat Kelangsungan Hidup Dan Pertumbuhan Benih Ikan Lele (Clarias sp). Acta Aquatica: Aquatic Sciences Journal, 5(1), 14–18. https://doi.org/10.29103/aa.v5i1.527

Rahmadhani, L. E., Widuri, L. I., & Dewanti, P. (2020). Kualitas mutu sayur kasepak (kangkung, selada, dan pakcoy) dengan sistem budidaya akuaponik dan hidroponik. Jurnal Agroteknologi, 14(01), 33–43.

Saptarini, P. (2010). Efektivitas Teknologi Akuaponik dengan Kangkung Darat (Ipomoea reptans) terhadap Penurunan Amonia pada Pembesaran Ikan Mas.

Sastro, Y. (2016). Teknologi Akuaponik Mendukung Pengembangan Urban Farming. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jakarta.

Savidov, N. (2005). Evaluation of aquaponics technology in Alberta, Canada. Aquaponics Journal, 37, 20–25.

Taufik, T., & Ayuningtyas, E. A. (2020). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Bisnis Dan Eksistensi Platform Online. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(01), 21. https://doi.org/10.33370/jpw.v22i01.389

Yunus, T., & Tuiyo, R. (2014). Pengaruh Padat Penebaran Berbeda terhadap Pertumbuhan Benih Ikan Lele Sangkuriang di Balai Benih Ikan Kota Gorontalo. The NIKe Journal, 2(3).

Published
2022-07-24
Section
Articles