PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KINERJA SIA PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DI PT. POS INDONESIA YOGYAKARTA

  • HARIYONO HARIYONO
  • M NURHADI SULISTYONO

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi dan kinerja sistem informasi akuntansi dapat mempengaruhi kepuasan pengguna. Penelitian bertujuan untuk mengetahui: pengaruh pemanfaatan teknologi informasi,  pengaruh kinerja sistem informasi akuntansi, serta pengaruh pemanfaatan teknologi informasi dan kinerja sistem informasi akuntansi terhadap kepuasan pengguna.

Metode pengumpulan data menggunakan metode penelitian lapangan meliputi wawancara dan kuesioner dengan metode analisis secara kuantitatif. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini regresi linier berganda. Asumsi klasik   dan uji statistik. Responden penelitian ini adalah pegawai Kantor Pos Cabang Yogyakarta. Penelitian sampel dengan menggunakan rumus dari Tabachnick dan Fidell (Setabasri, 2011) dengan jumlah populasi sebanyak 120.

Pengolahan data dengan mengunakan program SPSS versi 17.

Dari uji t dengan tingkat kepercayaan 95% (α=5%), didapatkan nilai ttabel sebesar 1,984. Nilai t hitung variabel Pemanfaatan TI (X1) sebesar 5,529  > t tabel (1,984) artinya ada pengaruh signifikan  pemanfaatan TI (X1) terhadap kepuasan pengguna dengan nilai signifikansi 0,000 <0,05. Nilai t hitung variabel kinerja SIA (X2) sebesar 2,636  > t tabel (1,984) artinya ada pengaruh signifikan kinerja SIA  (X2) terhadap kepuasan pengguna dengan nilai signifikansi 0,011 <0,05. Variabel pemanfaatan teknologi informasi memiliki pengaruh lebih dominan dengan nilai thitung sebesar 5,529 lebih besar daripada nilai thitung variable kinerja SIA.

Nilai Fhitung sebesar 66,854 dengan signifikansi 0,000< 0,05 artinya  pemanfaatan teknologi informasi (X1) dan kinerja SIA (X2) yang terdiri dari Keterlibatan Pengguna, Dukungan Top Manajemen, Formalisasi Pengembangan SI, Pelatihan dan Pendidikan Pengguna, Komite Pengendalian SI, Lokasi Departemen SI, dan Kematangan teknologi informasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan pengguna (Y).

Koefisien determinasi (Adjusted R2) sebesar 0,673  (67,3%) artinya variabel pemanfaatan TI dan kinerja SIA  mampu mempengaruhi variabel kepuasan  pengguna secara signifikan, sisanya 100 % - 67,3% = 22,7% dipengaruhi variabel-variabel lain diluar penelitian.

 

Author Biographies

HARIYONO HARIYONO
FE UTP SKA
M NURHADI SULISTYONO
fe utp ska
Published
2013-11-23
How to Cite
HARIYONO, H., & SULISTYONO, M. N. (2013). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KINERJA SIA PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DI PT. POS INDONESIA YOGYAKARTA. JURNAL ANALITIKA, 2013. Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JAFE/article/view/218
Issue
Section
Articles