ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA (STUDI KASUS DI PT. POS INDONESIA CABANG YOGYAKARTA)

  • HARIYONO HARIYONO
  • TUTI EDIATI

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui secara empiris tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja Sistem Informasi Akuntansi terhadap kepuasan pengguna. Penelitian ini merupakan pengembangan penelitian terdahulu dengan menambahkan variabel kematangan teknologi informasi.

Responden penelitian ini adalah pegawai Kantor Pos Cabang Yogyakarta. Penelitian sampel dengan menggunakan rumus dari Tabachnick dan Fidell (Setabasri, 2011). Jumlah populasi sebanyak 146 yang diberi kuesioner dan yang kembali sebanyak 106, sehingga yang digunakan sampel berjumlah 106 responden/kuesioner sudah memenuhi kriteria.

Analisis yang digunakan dalam penelitian ini regresi linier berganda. Asumsi klasik   dan uji statistik. Pengolahan data dengan mengunakan program SPSS versi 17.

Hasil analisis menunjukkkan dari uji individual diperoleh nilai t hitung Keterlibatan Pengguna (X1) sebesar 2,520 dengan signifikansi 0,013; Pelatihan dan Pendidikan Pengguna (X4) sebesar 3,177 dengan signifikansi 0,002;  Lokasi Departemen SI (X6) sebesar   2,084 dengan signifikansi  0,040 dan Kematangan teknologi informasi (X7) sebesar 2,440 dengan signifikansi 0,016 mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna (Y) dilihat dari nilai signifikansi lebih kecil dari 5%.  Dari uji serentak diperoleh nilai F hitung sebesar 5,592 dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 berarti Keterlibatan Pengguna (X1), Dukungan Top Manajemen (X2), Formalisasi Pengembangan SI (X3), Pelatihan dan Pendidikan Pengguna (X4), Komite Pengendalian SI (X5), Lokasi Departemen SI (X6), Kematangan teknologi informasi (X7) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna (Y). Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,285 artinya sebesar 28,5 % variabel faktor Keterlibatan Pengguna, Dukungan Top Manajemen, Formalisasi Pengembangan SI, Pelatihan dan Pendidikan Pengguna, Komite Pengendalian SI, Lokasi Departemen SI, Kematangan teknologi informasi mempengaruhi kepuasan pengguna sedangkan 71,5 % sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel-variabel lain diluar penelitian.

 

Author Biographies

HARIYONO HARIYONO
fe utp ska
TUTI EDIATI
fe utp ska
Published
2011-07-14
How to Cite
HARIYONO, H., & EDIATI, T. (2011). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA (STUDI KASUS DI PT. POS INDONESIA CABANG YOGYAKARTA). JURNAL ANALITIKA, 14. Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JAFE/article/view/220
Section
Articles