PENGUKURAN EFEKTIVITAS MEDIA PROMOSI DENGAN PENDEKATAN MODEL EPIC TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKO BANGUNAN RADIN TIMUR, DI JEBRES KOTA SURAKARTA

  • Kevin Rahman Hayadi UTP SURAKARTA
  • Laksono Sumarto UTP SURAKARTA
  • Suyamto UTP SURAKARTA

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah (1) Untuk mengetahuui pengaruh secara individual (parsial) empati, persuasi, dampak, dan komunikasi terhadap keputusan pembelian konsumen pada Toko Bangunan Radin Timur, Jebres Surakarta. (2) Untuk mengetahu faktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap keputusan pemelian konsumen pada Toko Bangunan Radin Timur, Jebres Surakarta.(3) Untuk mengetahui interaksi pengaruh secara simultan EPIC terhadap keputusan pemelian konsumen pada Toko Bangunan Radin Timur, Jebres Surakarta. Peneltian ini dilakukan di Toko Bangunan Radin Timur, yang berralamat di Jalan. Ir. Sutami No.59B, Pucangsawit, Kecamatan Jebres kota Surakarta. Dengan menggunakan sapel sebanya 38 pelanggan aktif.

Hasil penelitian ditemukan bahwa secara parsial dan simultan empati, persuasi, dampak, dan komunikasi terhadap keputusan pembelian konsumen. Variabel Empati paling domain pengaruhnya terhadap keputusan pembelian. Sumbangan pengaruh dari variabel empati, persuasi, dampak, dan komunikasi, terhadap Keputusan Pembelian sebesar 89,20%, sedangkan sisanya yaitu 10.80%  berasal dari pengaruh faktor-faktor lain di luar penelitian ini.

Kata kunci:

Model Epic, Keputusan Pembelian, Regresi Linier Berganda

Published
2021-08-02