PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, GAYA KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA KERJA TERHADAP KINERJA PERANGKAT DESA DALAM PENGELOLAAN DANA DESA (Studi Pada Desa Kembang Kecamatan Gladagsari Kabupaten Boyolali)

  • Aris Widiyanto Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Mrihrahayu Rumaningsih Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Abdullah Zailani Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk menguji pengaruh antara variabel lingkungan kerja, gaya kepemimpinan, budaya kerja secara individual (parsial) terhadap kinerja perangkat Desa dalam pengelolaan dana desa. (2) Untuk menguji interaksi pengaruh antara variabel lingkungan kerja, gaya kepemimpinan, budaya kerja secara bersama-sama (simultan) terhadap kinerja perangkat Desa dalam pengelolaan dana desa.

Lokasi penelitian tentang lingkungan kerja, gaya kepemimpinan dan budaya kerja kaitannya dengan kinerja perangkat desa dalam pengelolaan dana desa adalah di Desa Kembang Kecamatan Gladagsari Kabupaten Boyolali, dengan jumlah populasi sebanyak 67 orang. Mengingat besarnya populasi dalam penelitian ini kurang dari 100 orang yaitu hanya 67 orang, maka seluruh populasi adalah sampel. Tehnik pengambilan sampel dengan menggunakan sampling jenuh.

Hasil penelitian ditemukan bahwa secara parsial maupun secara simultan variabel lingkungan kerja, gaya kepemimpinan, budaya kerja secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap kinerja perangkat Desa dalam pengelolaan dana desa.

kinerja perangkat Desa dalam pengelolaan dana desa dapat dijelaskan oleh variabel lingkungan kerja, gaya kepemimpinan, budaya kerja sebesar 62,00%. Sedangkan sisanya 28,00% dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini.

Kata kunci: lingkungan kerja, gaya kepemimpinan, budaya kerja, kinerja, regresi linier berganda

Published
2022-02-08