PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERN, AUDIT INTERNAL, KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (STUDI KASUS PADA POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES SURAKARTA).

  • Ria Kurniawati Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Supartini Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Istinganah Eni Maryanti Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
Keywords: Sistem pengendalian intern, audit internal, kompetesi sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, kualitas laporan keuangan

Abstract

ABSTRAK

 

 

Laporan Keuangan dikatakan berkualitas apabila informasi yang disajikan dapat dipahami, diandalkan, dan bebas dari kesalahan material. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh sistem pengendalian intern, audit internal, kompetensi sumber daya manusia, dan pengaruh teknologi informasi terhadap kualitas laporan keuangan. Penelitian ini dilaksanakan pada satuan kerja Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta sebanyak pegawai sebanyak 251 ASN dan 176 Pegawai tidak tetap. Adapun sampel diambil sebanyak 30 sampling jenuh. Hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat pengaruh parsial sistem pengendalian intern, audit internal dan kompetensi sumber daya manusia terhadap kualitas laporan keuangan. Sedangkan pemanfaatan teknologi informasi secara parsial tidak berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan.  Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta dalam meingkatkan kualitas laporan keuangan melalui sistem pengendalian intern, audit nternal, kompetensi sumber daya manusia dan pemanfaatan teknologi informasi.

 

Kata kunci: Sistem pengendalian intern, audit internal, kompetesi sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, kualitas laporan keuangan.

Published
2022-08-30