PENGARUH KOMUNIKASI, KEDISIPLINAN, PENGETAHUAN, DAN SIKAP PERAWAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP RSU FITRI CANDRA WONOGIRI

  • Lutfiah Nurul Hanisah Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Sri Wijiastuti Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Zandra Dwanita Widodo Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
Keywords: komunikasi, kedisiplinan, pengetahuan, sikap perawat, kepuasan pasien

Abstract

Abstrak
Pelaksanaan penelitian ini memiliki beberapa tujuan yang ingin dicapai, yaitu: 1) Untuk mengetahui baik secara parsial maupun secara simultan pengaruh komunikasi, kedisiplinan,pengetahuan, dan sikap perawat terhadap kepuasan pasien 2) Untuk mengetahui variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pasien rawat inap di RSU Fitri Candra Wonogiri.

Penelitian ini dilakukan pada pasien rawat inap di RSU Fitri Candra Kabupaten Wonogiri. Pada penelitian ini populasinya adalah semua pasien rawat inap yang lebih dari 1 hari yaitu ada sebanyak 80 pasien. Mengingat besarnya populasi dalam penelitian ini tidak terlampau besar, maka seluruh populasi diambil semua untuk dijadikan sampel. Tehnik pengambilan sampel dengan menggunakan sampling jenuh yaitu semua anggota populasi digunakan sebagai sampel.

Hasil penelitian ditemukan bahwa baik secara parsial maupun secara simultan komunikasi, kedisiplinan, pengetahuan, dan sikap perawat berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Variabel kedisiplinan paling dominan pengaruhnya terhadap kepuasan pasien.

Sumbangan pengaruh komunikasi, kedisiplinan, pengetahuan, dan sikap perawat terhadap kepuasan pasien sebesar 76,60 %. Sisanya 23,40 % diterangkan oleh variabel lain di luar model penelitian ini.
Kata kunci: komunikasi, kedisiplinan, pengetahuan, sikap perawat, kepuasan pasien


Abstract
The implementation of this research has several objectives to be achieved, namely: 1) To find out either partially or simultaneously the effect of communication, discipline, knowledge, and attitudes of nurses on patient satisfaction 2) To find out the most dominant variables affecting inpatient satisfaction at RSU Fitri Candra Wonogiri District.

This study was conducted on inpatients at Fitri Candra General Hospital, Wonogiri District. In this study, the population was all hospitalized patients for more than 1 day, that is, there were 80 patients. Considering that the size of the population in this study was not too large, the entire population was taken as a sample. The sampling technique used is saturated sampling, that is, all members of the population are used as samples.

The results of the study found that either partially or simultaneously communication, discipline, knowledge, and attitudes of nurses had a positive and significant effect on patient satisfaction. Discipline variable has the most dominant influence on patient satisfaction.

The contribution of the influence of communication, discipline, knowledge, and attitudes of nurses to patient satisfaction is 76.60%. The remaining 23.40% is explained by other variables outside this research model.
Keywords: communication, discipline, knowledge, attitude of nurses satisfaction patient, multiple linear regression

Published
2022-08-30