PENGARUH LIKUIDITAS, MANAJEMEN ASET, PERPUTARAN KAS, STRUKTUR MODAL DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI tahun 2017-2020)

  • Lukas Maria Ma'unu Haukilo Universitas Semarang
  • Rahmatya Widyaswati Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Abstrak

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh likuiditas, manajemen aset, perputaran kas, struktur modal dan ukuran perusahaan terhadap kinerja keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian dilakukan Penelitian dilakukan dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian sebanyak 144 perusahaan dan jumlah sampel sebanyak 46 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2017-2020. Adapun variabel yang berkaitan dengan penelitian ini pengaruh likuiditas, manajemen aset, perputaran kas, struktur modal dan ukuran perusahaan terhadap kinerja keuangan pada perusahaan manufaktur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji t, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada pengaruh yang signifikan dan positif likuiditas dan mananajemen aset terhadap kinerja keuangan secara parsial. Ada pengaruh yang signifikan dan negatif antara perputaran kas terhadap kinerja keuangan secara parsial . Tidak ada pengaruh yang signifikan antara struktur modal terhadap kinerja keuangan secara parsial. Ada pengaruh yang signifikan dan positif antara ukuran perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia terhadap kinerja keuangan secara parsial.

Kata Kunci: likuiditas, manajemen aset, perputaran kas, struktur modal dan ukuran perusahaan

 

 

ABSTRACT

 

This study aims to examine the effect of liquidity, asset management, cash turnover, capital structure and firm size on the financial performance of manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange. The research was conducted. The research was conducted with a quantitative research approach. This type of research is descriptive research. The population in the study was 144 companies and the total sample was 46 manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange 2017-2020. The variables related to this study influence liquidity, asset management, cash turnover, capital structure and firm size on the financial performance of manufacturing companies. The research method used is the classical assumption test method, multiple linear regression analysis, t test, and the coefficient of determination test. The results showed that there was a significant and positive effect of liquidity and asset management on financial performance partially. There is a significant and negative effect between cash turnover on financial performance partially. There is no significant effect of capital structure on financial performance partially. There is a significant and positive effect between the size of companies listed on the Indonesia Stock Exchange on financial performance partially

 Keywords: liquidity, asset management, cash turnover, capital structure and firm size

Diterbitkan
2022-08-30