EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE JIGSAW PADA MATA KULIAH PROFESI KEPENDIDIKAN MAHASISWA PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA UNIVERSITAS TUNAS PEMBANGUNAN SURAKARTA 2020

  • Fatkhul Imron
Abstract views: 44 , PDF downloads: 30

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Hasil belajar mata kuliah Profesi Kependidikan dengan metode pembelajaran Jigsaw pada mahasiswa PKO FKIP UTP Surakarta, dan (2) Efektivitas penggunaan metode pembelajaran tipe Jigsaw terhadap peningkatan hasil belajar mata kuliah Profesi Kependidikan pada mahasiswa PKO FKIP UTP Surakarta.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen semu (quasi eksperiment). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa PKO FKIP UTP Surakarta semester IV tahun akademik 2019/2020. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling. Sebagai kelompok eksperimen adalah kelas IV B 33mahasiswa dan kelompok kontrol adalah kelas IV C 33 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis deskriptif dan uji prasyarat analisis data.

Hasil dari penelitian ini adalah : (1) Hasil belajar pada mata kuliah Profesi Kependidikan menggunakan metode Jigsaw lebih baik daripada metode konvensional,  dan (2) analisis hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Profesi Kependidikan menunjukkan mean skor pretest  61,55 dan postest 81,21. Selain itu juga dapat dilihat dari hasil uji-t paired sample test nilai sig(2-tailed) 0,00 < 0,05 hal tersebut menunjukkan bahwa perlakuan model pembelajaran JIGSAW lebih efektif dibandingkan dengan mahasiswa yang tidak mendapat perlakuan, atau diajar menggunakan metode konvensional.

Kata kunci : Model Pembelajaran Jigsaw, Profesi Kependidikan

Published
2020-07-31
How to Cite
Imron, F. (2020). EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE JIGSAW PADA MATA KULIAH PROFESI KEPENDIDIKAN MAHASISWA PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA UNIVERSITAS TUNAS PEMBANGUNAN SURAKARTA 2020. Jurnal Ilmiah Spirit, 20(2), 1-10. https://doi.org/10.36728/jis.v20i2.1094