PENDAMPINGAN BELAJAR ANAK PADA SAAT DARING SELAMA PANDEMI COVID-19

  • Septi Aprilia ITS PKU Muhammadiyah Surakarta
  • Winda Ayu Cahya Fitriani Universitas PGRI Madiun
  • Fatkhul Imron Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Yudi Karisma Sari Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Widha Srianto Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Abstract

Pandemi Covid-19 mengakibatkan perubahan yang begitu signifikan dalam semua lini kehidupan, termasuk pendidikan. Pembelajaran yang dilakukan menggunakan model tatap muka harus berubah menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau dalam jaringan (daring), yang belum pernah digunakan dalam pembelajaran sebelumnya. Selama pembelajaran daring, banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar karena tidak adanya pengajaran dari guru secara langsung. Sehingga para orang tua di RT 01 RW 25 Kelurahan Jebres mengeluh karena belum dapat mendampingi anak belajar secara optimal. Hal ini dikarenakan mereka memiliki keterbatasan seperti latar belakang pendidikan dan pengetahuan tentang pembelajaran anak yang masih rendah, ataupun karena minimnya waktu dalam membersamai anak. Tujuan pengabdian ini yaitu memberikan edukasi kepada orang tua dalam pendampingan belajar anak saat daring dimasa pandemi Covid 19.  Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada tanggal 11 April 2021. Pelaksanaan pengabdian ini menggunakan metode ceramah, diskusi dan pendampingan. Hasil dari kegiatan pengabdian ini yaitu orang tua di RT 01 RW 25 Kelurahan Jebres mengetahui pendampingan belajar anak sesuai tahap perkembangan kognitif, gaya belajar, dan strategi pengoptimalan pendampingan anak pada saat daring selama pandemic Covid-19.

Kata Kunci: Covid-19; Pembelajaran daring; Pendampingan belajar

 

Published
2022-02-21