PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI PAUD DALAM KONSEP SOSIAL KOGNITIF ALBERT BANDURA

  • Andriani Chondro Retno Handayaningsih Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Endang Fauziati Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Maryadi Maryadi Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Agus Supriyoko Universitas Tunas Pembangunan Surakarata
Keywords: pembelajaran berdiferensiasi, sosial kognitif

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan usaha guru dalam memberikan pembelajaran yang menyesuaikan proses belajar mengajar dikelas untuk memenuhi kebutuhan belajar setiap anak sesuai dengan minat dan kemampuannya. Jadi dalam pembelajaran berdiferensiasi, anak mendapatkan kebutuhannya dan guru bisa melakukan pembelajaran yang sesuai dengan minat bakat yang dimiliki anak sehingga pembentukan karakter dapat dilakukan sejak dini. Karakter setiap anak berbeda satu dengan yang lainnya, minat dan potensi anak pun berbeda, dengan melakukan pembelajaran berdiferensiasi akan mampu mengembangkan potensi yang dimiliki anak berdasarkan karakter masing-masing. Anak PAUD belajar dengan stimulasi di setiap perkembangannya, dan hal pertama yang membentuk karakter anak adalah lingkungan dimana anak tersebut tumbuh, selain itu faktor kognitif juga berperan dalam membentuk karakter anak, teori Albert Bandura tentang aspek sosial kognitif menjadi salah satu pandangan dalam pembelajaran berdiferensiasi di PAUD. Dalam penelitian ini menggambarkan pembelajaran berdiferensiasi di PAUD dalam perspektif teori sosial kognitif Albert Bandura dengan peneltian kualitatif dengan pendekatan kajian pustaka. Dalam pembelajaran di PAUD perilaku Tidak hanya berpengaruh dalam belajar, namun juga faktor lingkungan sosial serta faktor kognitif peserta didik.

Published
2024-01-16