PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN TERHADAP KEMAMPUAN SMASH NORMAL DALAM PERMAINAN BOLAVOLI PADA MAHASISWA UKM BOLAVOLI UTP SURAKARTA TAHUN 2019

  • Eriek Satya Haprabu Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian untuk mengetahui Perbedaan Pengaruh Metode drill dan bermain terhadap kemampuan smash normal dalam permainan bolavoli pada UKM Bolavoli UTP Surakarta tahun 2019, dan jika ada perbedaan maka untuk mengetahui mana yang lebih baik antara Pengaruh Metode drill dan bermain terhadap kemampuan smash normal dalam permainan bolavoli pada UKM Bolavoli UTP Surakarta tahun 2019.

Sampel penelitian adalah pada UKM Bolavoli UTP Surakarta dengan jumlah 30 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Porpusive Sampling. Penelitian dilaksanakan pada bulan oktober-november 2019. Variabel penelitian ini yaitu Hasil kemampuan smash normal dengan Metode drill dan bermain sebagai variabel bebas serta Hasil kemampuan smash normal variabel terikat. Rancangan penelitian menggunakan pretest-posttest design.Tes untuk mengetahui kemampuan smash normal.tes kemampuan smash normal menggunakan petunjuk pelaksanaan tes dan pengukuran kemampuan menggiring bola Nurhasan, ( 2001 : 160-161). Metode analisis data penelitian menggunakan rumus t-test yang diperhitungkan menggunakan rumus pendek.

Hasil analisis data maka simpulan diperoleh: (1)Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara Metode drillĀ  Dan Bermain Terhadap Kemampuan smash normal dalam permainan bolavoli pada UKM Bolavoli UTP Surakarta tahun 2019. Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan tes akhir masing-masing kelompok yaitu thitung = 0.4320 lebih kecil dari pada ttabel= 2,145 dengan taraf signifikasi 5%. (2) Latihan Metode drill lebih baik pengaruhnya dari pada metode Bermain dalam Terhadap Kemampuan smash normal dalam permainan bolavoli pada UKM Bolavoli UTP Surakarta tahun 2019. Berdasarkan persentase peningkatan kemampuan smash normal dalam permainan bolavoli menunjukkan bahwa kelompok 1 (kelompok yang mendapat perlakuan dengan Metode drill) adalah 20.528% > kelompok 2 (kelompok yang mendapat Metode bermain) adalah 13.310%.

Kata Kunci : smash, bola voli, metode latihan

Published
2020-07-30
How to Cite
Satya Haprabu, E. (2020). PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN TERHADAP KEMAMPUAN SMASH NORMAL DALAM PERMAINAN BOLAVOLI PADA MAHASISWA UKM BOLAVOLI UTP SURAKARTA TAHUN 2019. Jurnal Ilmiah Spirit, 20(2), 76-87. Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIS/article/view/1390

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>