PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN TABATA DAN BERBEBAN KARET TERHADAP PENINGKATAN KECEPATAN TENDANGAN SABIT PADA PESILAT PSHT RANTING MASARAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2022

  • Jasmani Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Abstract

ABSTRAK

Kecepatan tendangan sabit dalam pencak silat sangatlah penting digunakan dalam pertandingan, namun pesilat PSHT Rating Masaran belum memiliki kecepatan tendangan sabit dan alat yang memadai untuk melatih kecepatan tersebut. Hal inilah yang melatarbelakangi penulis untuk memberikan metode latihan tabata dan  berbeban karet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan metode latihan tabata dan berbeban karet terhadap peningkatan kecepatan tendangan sabit pada pesilat PSHT Rating Masaran Kabupaten Sragen Tahun 2022.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan pretest-posttest, penelitian ini dilakukan dengan jumlah sampel sebanyak 32 pesilat. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan pengaruh metode latihan tabata dan berbeban karet terhadap peningkatan kecepatan tendangan sabit pada pesilat PSHT Rating Masaran Kabupaten Sragen Tahun 2022.

Dengan nilai perhitungan hasil tes akhir masing-masing kelompok diperoleh thitung sebesar 6,151 dan ttabel 2,042 dengan taraf signifikan 5%. Dengan metode berbeban karetlah yang lebih berpengaruh terhadap peningkatan kecepatan tendangan sabit yang memiliki prosentase peningkatan sebesar 15,50%, sedangkan metode tabata memiliki prosentase peningkatan sebesar 2,82%.

Kata Kunci: Tendangan sabit, Metode latihan Tabata dan Berbeban Karet

Published
2022-08-01
How to Cite
Jasmani. (2022). PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN TABATA DAN BERBEBAN KARET TERHADAP PENINGKATAN KECEPATAN TENDANGAN SABIT PADA PESILAT PSHT RANTING MASARAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2022. Jurnal Ilmiah Spirit, 22(2), 21-28. https://doi.org/10.36728/jis.v22i2.2141

Most read articles by the same author(s)