ANALISIS KONDISI FISIK PADA ATLET TAEKWONDO KYORUGI CADET-JUNIOR DOJANG PMS DRAGON KOTA SURAKARTA TAHUN 2021

  • Bagas Dwi Sulistyo Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Shodiq Hutomono Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Abstract

ABSTRAK

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Analisis Kondisi Fisik yang meliputi Kecepatan Lari, Kelenturan, Power Otot Tungkai, Reaksi Tangan, Kelincahan dan Daya Tahan Aerobik pada Atlet Taekwondo Kyorugi Cadet-Junior Dojang PMS Dragon Kota Surakarta Tahun 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Survei. Populasi penelitian berjumlah 115 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes dan Pengukuran. Variabel dalam penelitian ini yaitu analisis kondisi fisik.

Hasil penelitian diperoleh bahwa: analisis kondisi fisik pada atlet kyorugi cadet-junior dojang PMS Dragon kota Surakarta yaitu dalam kategori “Baik Sekali” sebesar 3% (1 atlet), kategori “Baik” sebesar 37% (13 atlet), kategori “Sedang” sebesar 34% (12 atlet), kategori “Kurang” sebesar 17% (6 atlet), dan kategori “Kurang Sekali” sebesar 9% (3 atlet). Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa dalam proses latihan kondisi fisik taekwondo kyorugi, karakteristik atlet yang perlu diperhatikan. Atlet yang memiliki kecepatan lari, kelenturan, power otot tungkai, reaksi tangan, kelincahan, dan daya tahan aerobik dalam kategori baik akan lebih mudah menguasai gerakan taekwondo kyorugi, sehingga kualitas atlet yang memiliki tingkat kondisi fisik dalam kategori baik sekali menjadi lebih maksimal dari pada atlet yang memiliki tingkat kondisi fisik dalam kategori sedang, dan atlet yang memiliki tingkat kondisi fisik dalam kategori sedang menjadi lebih baik dari pada atlet yang memiliki tingkat kondisi fisik dalam kategori kurang.

Kata kunci: Kondisi Fisik, Taekwondo, Cadet-Junior.

Published
2022-07-29
How to Cite
Dwi Sulistyo, B., & Hutomono , S. (2022). ANALISIS KONDISI FISIK PADA ATLET TAEKWONDO KYORUGI CADET-JUNIOR DOJANG PMS DRAGON KOTA SURAKARTA TAHUN 2021. Jurnal Ilmiah Spirit, 22(2), 58-71. https://doi.org/10.36728/jis.v22i2.2172