PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN PERMAINAN TARGET DAN DRILLING SMASH TERHADAP KETEPATAN SMASH BULUTANGKIS PADA ATLET PB NGEMPLAKPERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN PERMAINAN TARGET DAN DRILLING SMASH TERHADAP KETEPATAN SMASH BULUTANGKIS PADA ATLET PB N

  • Shodiq Hutomono Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Dony Bagus Eksan Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Abstract

ABSTRAK

 Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan pengaruh metode latihan permainan target dan drilling smash terhadap ketepatan smash dalam permainan bulutangkis pada atlet PB Ngemplak Kecamatan Ngemplak Boyolali Tahun 2022, dan jika ada perbedaan maka untuk mengetahui mana yang lebih baik antara metode latihan permainan target dan drilling smash terhadap ketepatan smash dalam permainan bulutangkis pada atlet PB Ngemplak Kecamatan Ngemplak Boyolali Tahun 2022.

Sampel penelitian adalah Pada Atlet PB Ngemplak Kecamatan Ngemplak Boyolali dengan jumlah 30 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Variabel penelitian ini yaitu hasil ketepatan smash dengan latihan permainan target dan drilling smash sebagai variabel bebas serta hasil ketepatan smash variabel terikat. Rancangan penelitian menggunakan pretest-posttest design. Tes untuk mengetahui ketepatan smash menggunakan tes ketepatan smash menggunakan petunjuk pelaksanaan tes dari Nur Hasan (2001: 157). Metode analisis data penelitian menggunakan rumus t-test yang diperhitungkan menggunakan rumus pendek.

Hasil analisis data maka simpulan diperoleh: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara menggunakan metode permainan target dan menggunakan metode drilling smash terhadap ketepatan smash dalam permainan bulutangkis pada atlet PB Ngemplak Kecamatan Ngemplak Boyolali Tahun 2022. Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan tes akhir masing-masing kelompok yaitu thitung = 3.494  lebih besar dari pada ttabel = 2,145 dengan taraf signifikasi 5%. (2) Metode drilling smash lebih baik pengaruhnya dari pada metode permainan target terhadap ketepatan smash dalam permainan bulutangkis pada atlet PB Ngemplak Kecamatan Ngemplak Boyolali Tahun 2022. Berdasarkan persentase hasil ketepatan smash bulutangkis menunjukkan bahwa kelompok 1 (kelompok yang mendapat perlakuan dengan menggunakan metode permainan target) adalah 7.331% < kelompok 2 (kelompok yang mendapat perlakuan menggunakan metode drilling smash ) adalah 7.561%.

Published
2023-01-31
How to Cite
Hutomono , S., & Dony Bagus Eksan. (2023). PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN PERMAINAN TARGET DAN DRILLING SMASH TERHADAP KETEPATAN SMASH BULUTANGKIS PADA ATLET PB NGEMPLAKPERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN PERMAINAN TARGET DAN DRILLING SMASH TERHADAP KETEPATAN SMASH BULUTANGKIS PADA ATLET PB N. Jurnal Ilmiah Spirit, 23(1), 48-59. https://doi.org/10.36728/jis.v23i1.2893